oleh

Bagaimana Pola Makan yang Bisa Hilangkan Lemak Saat Turunkan Berat Badan?

Kabar6-Menerapkan pola makan atau diet tertentu menjadi cara lain untuk menurunkan berat badan di samping rutin berolahraga. Namun, adakah pola makan yang benar-benar bisa menghilangkan lemak untuk menurunkan berat badan?

Diketahui, untuk menghilangkan sekira setengah kilogram lemak, Anda perlu membakar sekira 3.500 kalori. Artinya, jika dalam seminggu Anda ingin menurunkan berat badan hingga sekira satu kilogram, maka Anda harus mengonsumsi 3.500-7.000 kalori lebih sedikit dari yang biasa dimakan.

Nah, agar tujuan ini dapat tercapai, ada beberapa cara aman untuk melakukannya, tetapi tentu saja bergantung pada banyak faktor gaya hidup.

Menurut pelatih kebugaran bernama Dannah Eve Bollig, melansir Womantalk, Anda harus mempertimbangkan usia, berat badan, tinggi, dan tujuan, serta rencana yang tepat dan realistis untuk diri sendiri. Tidak ada solusi ajaib yang akan berhasil untuk semua orang karena menurunkan berat badan adalah tentang keseimbangan, bukan menghentikan semua makanan yang kurang bergizi.

Namun, secara matematis jika Anda mengurangi sekira 500-1.000 kalori per hari, kemungkinan besar Anda akan kehilangan sekira satu kilogram per minggu.

Seorang ahli diet bernama Stephanie Carter, RDN, lebih suka mendorong orang untuk mendefinisikan kembali hubungan mereka dengan makanan daripada sibuk menghitung kalori.

“Membatasi makanan yang disukai karena Anda telah melabelinya sebagai ‘makanan buruk’ hanya akan menyebabkan perilaku tidak sehat, seperti makan berlebihan. Jika Anda mendengarkan isyarat rasa lapar dan kenyang alami tubuh dengan sangat baik, justru ini lebih efektif,” ungkap Carter.

Bagi Anda penyuka diet yang lebih terstruktur, salah satu pilihan paling populer adalah diet rendah karbohidrat dan diet keto, yang bertujuan agar tubuh Anda menggunakan lemak sebagai bentuk energi dengan meminimalkan asupan karbohidrat.

Anda bisa juga mencoba metode diet puasa atau intermitten fasting, yang memiliki banyak jenis, salah satunya adalah diet puasa 16:8 di mana Anda direkomendasikan untuk makan hanya dalam waktu delapan jam. ** Baca juga: Mengapa Kita Sering Merasa Waktu Berjalan Lebih Cepat?

Namun, apa pun pola makan dan diet yang Anda lakukan untuk menurunkan berat badan, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter atau ahli untuk memastikan sesuai dengan kebutuhan dan gaya hidup Anda.(ilj/bbs)

Berita Terbaru