oleh

Bagaimana Pilih Menu Makan Siang yang Sehat?

Kabar6-Sama seperti sarapan, makan siang pun tidak kalah penting. Anda perlu memilih menu makan siang yang bergizi agar tetap bisa menyelesaikan pekerjaan hingga menjelang sore hari.

CNS, Direktur nutrisi di Freshy bernama Dr. Brooke Scheller, DCN, melansir Medcom, menekankan bahwa makan siang memenuhi sepertiga asupan nutrisi harian Anda. Dan untuk memastikan bahwa tubuh mendapatkan nutrisi yang tepat saat makan siang, kita perlu memilih makanan yang tepat.

“Makan siang yang paling baik adalah yang mengandung beberapa komponen seperti protein, lemak sehat, serat, dan sayur-sayuran. Dalam memilih makan siang, sebaiknya mengandung protein seperti ayam, ikan, telur atau kacang-kacangan,” terang Dr. Scheller.

Ditambahkan, “Protein berfungsi untuk menstabilkan gula darah dan menjaga energi tetap mencukupi sampai sore hari. Protein juga mengandung asam amino yang merupakan kunci dalam mendukung otak dan membantu kesehatan otot dan tulang.”

Makan siang yang sehat juga tetap membutuhkan lemak yang sehat, karena lemak yang sehat berfungsi untuk memperlambat proses metabolisme makanan serta penting untuk penyerapan nutrisi yang mendukung otak dan mendukung produksi hormon, termasuk hormon stres. ** Baca juga: Bantu Tingkatkan Daya Tahan Tubuh dengan 6 Menu Sarapan Kaya Vitamin E

“Asam lemak omega-3 juga sangat penting dalam membangun otak. Selain itu, makanan berserat tinggi juga dibutuhkan untuk membuat tubuh merasa kenyang lebih lama. Sedangkan sayur-sayuran dapat menyediakan vitamin dan mineral yang dibutuhkan untuk mendukung produksi energi dan fungsi otak,” jelas Dr. Scheller.

Dr. Scheller juga menyarankan untuk mengonsumsi sayuran dengan dada ayam panggang dan alpukat. Salad dengan sayur, salmon, dan minyak zaitun bisa menjadi pilihan karena mengandung keempat unsur makan siang yang sehat.(ilj/bbs)

Berita Terbaru