oleh

Bagaimana Penjelasan COVID-19 Dapat Menular Lewat Mata?

Kabar6-Mungkin Anda pernah mendengar bahwa COVID-19 bisa menular lewat mata. Benarkah demikian, dan bagaimana penjelasannya?

Para Ilmuwan di Tiongkok menemukan sebuah kondisi atau gejala yang memungkinkan seseorang tertular COVID-19, yaitu kondisi conjunctivitis, suatu inflamasi atau inflamasi yang terdapat pada membran transparan atau biasa yang sebut conjunctiva pada mata.

Ketika conjunctivitis terjadi, melansir Dreamers, maka pembuluh darah terinflamasi sehingga menimbulkan kondisi mata merah. Terdapat 38 pasien yang positif terinfeksi COVID-19, 12 pasien di antaranya mengalami conjunctivitis, sedangkan dua di antaranya terdeteksi pada cairan mata dan juga hidung.

“Beberapa pasien COVID-19 memiliki gejala pada mata, dan virus terdeteksi pada air mata pasien tersebut”, ungkap ilmuwan Dr Liang Liang dari Departemen Oftalmologi China Three Gorges University, Yichang, Tiongkok.

Karena hal ini, para ilmuwan meyakini bahwa kemungkinan COVID-19 dapat menular lewat air mata. Namun, hal ini terjadi jika seseorang yang terinfeksi COVID-19 mengucek mata dan berpegangan tangan dengan orang lain.

Seorang dokter mata di Manhattan Eye, Ear, and Throat Hospital, Dr Prachi Dua, mengatakan bahwa petugas medis harus sangat berhati-hati terhadap gejala conjunctivitis pada pasien COVID-19.

Hal ini termasuk menghindari kontak dengan wajah dan mata, serta menggunakan kacamata pelindung dan tidak mengenakan kontak lensa.

Ia juga menyebutkan bahwa seseorang yang terinfeksi COVID-19 bisa muncul dengan gejala mata merah, terasa bengkak, dan berair. ** Baca juga: Telur Rebus Punya 6 Manfaat yang Mengejutkan

Senada, seorang profesor epidemiologi dan kesehatan internasional di Johns Hopkins Bloomberg School of Public Health, Baltimore, bernama Dr Alfred Sommer mengatakan bahwa conjunctiva bisa menjadi sumber infeksi yang menyebarkan virus ke orang lain.(ilj/bbs)

Berita Terbaru