oleh

Bagaimana Meriahnya Idul Adha di 5 Negara Ini?

Kabar6-Setiap negara tentu memiliki cara sendiri untuk merayakan Hari Raya Idul Adha. Termasuk juga tata cara menyembelih hewan kurban.

Seperti Hari Raya Idul Fitri yang sangat meriah, perayaan Idul Adha di beberapa negara pun disambut suka cita. Melansir Travelingyuk ini dia meriahnya perayaan Idul Fitri di lima negara:

1. Pakistan
Di Pakistan, hewan-hewan yang akan disembelih akan dimandikan terlebih dahulu. Tradisi ini dilakukan semata-mata hanya untuk menjaga kebersihan hewan yang akan disembelih.

Keunikan lainnya, setelah dimandikan hewan-hewan ini akan diberikan perhiasan plastik seperti kalung dan gelang yang berwarna-warni.

2. Turki
Baqri Eid dalam bahasa Indonesia memiliki arti Festival Sapi. Ini adalah sebuah tradisi masyarakat Turki dalam merayakan Idul Adha. Meskipun memiliki nama Festival Sapi, hewan yang dikurbankan juga tetap meliputi domba dan kambing.

Di Turki, Idul Adha menjadi hari libur nasional selama empat hari. Tidak hanya membagikan daging mentah saja, mereka juga membagikan berbagai macam masakan lezat khas Timur Tengah yang berbahan dasar dari daging hewan yang dikurbankan.

3. Tiongkok
Perayaan Idul Adha di negara ini hampir sama dengan di Turki, memiliki libur penuh selama empat hari. Dan di Tiongkok ada pasar dadakan, yang berlangsung selama empat hari penuh.

Pasar dadakan ini menjual segala hal yang terkait dengan Idul Adha. Bahkan beberapa kegiatan seperti bertukar bingkisan dan makanan juga menjadi hal yang umum ketika Idul Adha tiba.

4. Arab Saudi
Berbeda dengan negara-negara lain yang menggunakan sapi dan kambing sebagai hewan kurban yang utama. Di Arab Saudi, unta menjadi hewan yang paling popular untuk dikurbankan.

Jumlah sapi dan domba yang menjadi hewan kurban tidak sebanyak unta. Bahkan kerajaan Arab Saudi menyumbangkan unta yang telah disembelih tersebut tidak hanya untuk masyarakat Arab Saudi, tapi juga ke beberapa negara miskin di sekitarnya.

5. Amerika Serikat
Prosesi penyembelihan hewan tidak dilangsungkan di masjid atau pemukiman muslim yang ada di Amerika Serikat. Biasanya proses penyembelihan hewan kurban dilakukan di tempat-tempat pemotongan hewan. Baru setelah itu, daging yang telah dipotong akan dibagikan kepada siapa saja yang membutuhkan. ** Baca juga: Menggugah Selera, Sajian Kuliner Khas Idul Adha dari 5 Negara

Apakah di tempat Anda pun perayaan Idul Adha memiliki keunikan? (ilj/bbs)

Berita Terbaru