oleh

Bagaimana Istilah UFO Pertama Kali Muncul?

Kabar6-Unidentified flying object (UFO) atau piring terbang, menjadi sebuah fenomena yang tampak di langit. Secara umum, UFO memang dikaitkan dengan kedatangan pesawat luar angkasa, ditumpangi alien dari planet lain yang mengunjungi Bumi dan hanya dilihat oleh orang-orang tertentu saja.

Penggunaan istilah UFO sendiri sebagai penampakan fenomena misterius, dilansir Sooperboy, pertama kali disarankan pada 1952 oleh Kapten Edward J. Namun kisah penampakan langit telah diketahui sejak zaman dahulu dengan istilah UFO, secara resmi pada 1953 oleh Angkatan Udara Amerika Serikat (USAF) untuk melayani sebagai catch-semua laporan tersebut.

USAF menyatakan bahwa UFO adalah suatu objek udara karakteristik aerodinamis, atau fitur yang tidak biasa, tidak sesuai dengan apa yang sekarang dikenal pesawat (jenis rudal), atau tidak dapat diidentifikasi secara positif sebagai familiar objek. ** Baca juga: Para Ilmuwan Kembangkan Sistem yang Dapat Deteksi Kebohongan Seseorang

Namun selama 1940-an dan 1950-an, UFO populer sebagai piring terbang atau cakram terbang. Istilah UFO menjadi lebih luas selama 1950, pada awalnya dalam literatur teknis, tetapi kemudian digunakan populer. Dalam penggunaan populer, istilah UFO digunakan untuk merujuk pada klaim pesawat alien, dan karena ejekan publik dan media terkait dengan topik tersebut.(ilj/bbs)

Berita Terbaru