oleh

Bagaimana Hubungan Kondisi Kesehatan dengan Golongan Darah?

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Golongan darah tiap individu tidak sama. Perbedaan golongan darah dikelompokkan kepada tipe A, B, AB, atau O. Status rhesus (Rh) darah pun bisa tergolong negatif atau positif. Perbedaan-perbedaan tersebut perlu diperhatikan dalam penggunaan darah di dunia medis.

Golongan darah seseorang ditentukan berdasarkan ada atau tidaknya zat antigen pada sel darah merah dan plasma darah . Antigen berfungsi seperti tanda pengenalan sel tubuh Anda. Ini supaya tubuh bisa membedakan sel tubuh sendiri dari sel yang berasal dari luar tubuh.

Jika sel dengan antigen berlawanan masuk ke dalam tubuh, maka sistem kekebalan tubuh akan mulai perlawanan terhadap sel yang dianggap asing tersebut dan memproduksi antibodi.

Diketahui, terdapat hubungan antara golongan darah dengan makanan tertentu atau bahkan dengan kecocokkan Anda dan pasangan. Namun tidak semua hal tersebut dapat didukung oleh bukti-bukti ilmiah.

Ada beberapa penelitian yang telah berhasil menemukan adanya hubungan antara kondisi kesehatan tertentu dengan golongan darah. Dilansir Prevention, berikut uraiannya:

1. Golongan darah O lebih menarik perhatian nyamuk
Orang dengan golongan darah O memiliki kemampuan untuk menarik perhatian beberapa jenis nyamuk dibandingkan dengan golongan darah lainnya. Namun penelitian lainnya menunjukkan bahwa golongan darah O lebih jarang menderita penyakit malaria berat dibandingkan dengan golongan darah lainnya.

2. Susunan bakteri usus
Ternyata ada banyak hal yang dapat memengaruhi kondisi kesehatan saluran pencernaan Anda. Sebuah penelitian yang dilakukan di Finlandia menemukan adanya hubungan antara golongan darah dengan spesies bakteri usus tertentu.

3. Risiko kecanduan alkohol
Beberapa penelitian yang dilakukan pada 1970 dan 1980-an menemukan adanya hubungan yang lemah antara golongan darah A dengan risiko alkoholisme. Penelitian ini menemukan bahwa antigen A pada orang bergolongan darah Anda dapat mengubah reaksi sistem kekebalan tubuh terhadap alkohol dan mempengaruhi intoksikasi alkohol pada seseorang.

4. Kemampuan hadapi stres
Sebuah penelitian yang dilakukan oleh the U.S. Department of Veterans Affairs menemukan bahwa kadar hormon kortisol pada orang bergolongan darah O berada pada kadar tinggi dalam waktu yang lebih lama dibandingkan dengan orang bergolongan darah lain saat mereka menghadapi situasi stress.

5. Ketekunan
Menurut sebuah penelitian, orang dengan golongan darah A memiliki kemungkinan yang lebih tinggi untuk menderita gangguan obsesif-kompulsif dan gangguan perilaku dibandingkan dengan orang bergolongan darah lain.

Selain itu, sebuah penelitian lain yang dilakukan di Jepang menemukan bahwa orang bergolongan darah A memiliki tingkat ketekunan yang lebih tinggi dibandingkan dengan orang bergolongan darah lain. ** Baca juga: Hindari Pinggang Lebar, Jangan Konsumsi Ini Saat Sarapan

Jadi, apa golongan darah Anda? (ilj/bbs)

Berita Terbaru