oleh

Bagaimana Hubungan Antara Tidur & Pertambahan Usia?

Kabar6-Seiring dengan bertambahnya usia, pola tidur akan mengalami perubahan, misalnya waktu tidur berkurang dan mudah terbangun atau jarang sekali tidur nyenyak atau bahkan bermimpi.

Diketahui, kebutuhan tidur setiap orang berbeda-beda. Kebutuhan tidur orang dewasa biasanya berkisar antara 7-9 jam setiap harinya. Jika sekarang ini Anda membutuhkan waktu tidur lebih sedikit ketimbang saat masih muda, tetapi Anda tetap merasa bersemangat dan tidak merasa lelah atau kurang tidur, berarti kebutuhan tidur Anda memang telah berkurang. Tetapi bila waktu tidur berkurang dan anda merasa lelah atau mengantuk saat bekerja, berarti Anda mempunyai masalah.

Apa saja sih yang dapat mengganggu tidur Anda saat tua nanti? Melansir dokter.id, berikut uraiannya:

1. Perubahan
Perubahan dalam kehidupan dapat sangat mempengaruhi Anda. Pindah tempat tinggal, penyakit, kematian dapat membuat Anda merasa stres dan mengganggu tidur.

2. Kondisi tertentu
Suatu kondisi atau penyakit tertentu dapat menyebabkan gangguan tidur. Beberapa penyakit tersebut adalah artritis (rasa nyeri menyebabkan sulit tidur), sleep apnea (sering terbangun saat tidur), atau penyakit lainnya yang menyebabkan Anda sulit memulai tidur atau sering terbangun saat tidur.

3. Tidak bekerja
Saat pensiun, Anda akan mempunyai lebih banyak waktu untuk bersantai dan aktivitas pun sudah jauh berkurang. Hal ini dapat menyebabkan gangguan pada pola tidur.

4. Obat-obatan
Beberapa obat-obatan yang digunakan mungkin membuat sulit tidur atau malah membuat Anda lebih bersemangat di malam hari. Bila obat yang digunakan membuat sulit tidur, maka dokter Anda dapat menyesuaikan dosis untuk mengurangi efek samping tersebut. ** Baca juga: Kenali Jenis Lemak Agar Tidak Salah Memilih Makanan

Tidur yang berkualitas akan membuat Anda lebih bersemangat keesokan harinya.(ilj/bbs)

Berita Terbaru