Home / Aneka Berita / Sehat / Bagaimana Efek Sering Terbangun Tengah Malam?
Ilustrasi/bbs

Bagaimana Efek Sering Terbangun Tengah Malam?

Kabar6-Apakah Anda termasuk orang yang sering terbangun tengah malam? Sebuah penelitian baru menemukan, sering terbangun dari tidur di malam hari dapat berbahaya bagi kesehatan fisik Anda seperti halnya kurang tidur.

Dalam penelitian tadi, melansir Womenshealthmag, diungkapkan bahwa sering terbangun saat tidur di malam hari, yang banyak terjadi pada petugas kesehatan seperti dokter dan suster dan para orangtua baru, adalah sama dengan hanya tidur selama empat jam di malam hari. Para peneliti mengamati pola tidur para pelajar. Mereka diminta untuk menggunakan jam tangan yang memonitor kapan tidur dan kapan bangun.

Para peneliti meminta pelajar untuk melakukan dua hal yaitu tidur nyenyak selama delapan jam di suatu malam dan tidur dengan kondisi sering terbangun keesokkan malamnya karena menerima empat telepon yang meminta mereka untuk menyelesaikan sesuatu hal sebelum kembali tidur.

Pagi hari setelah dua malam ini, para peneliti kemudian meminta para pelajar ini agar menyelesaikan suatu tugas untuk mengukur kemampuan konsentrasi dan kondisi emosional mereka.

Hasilnya, satu malam dengan tidur yang terganggu (sering terbangun saat tidur) telah memberikan dampak negatif pada mood, kemampuan konsentrasi, dan fungsi kognitif (kemampuan berpikir). ** Baca juga: Ada Dampak yang Ditimbulkan Saat Anda Bermain Ponsel Sambil Berjalan

Para peneliti menduga bahwa sering mengalami tidur yang terganggu seperti ini dapat menimbulkan efek negatif dalam jangka panjang, sama seperti bila Anda kurang tidur dalam waktu yang lama. Penelitian ini juga menemukan bahwa siapa saja dapat mengalami hal ini dan tidak tergantung pada usia serta pekerjaan mereka.(ilj/bbs)

Check Also

Tidak Asal Minum, Ada Aturan Konsumsi Kopi untuk Wanita

Kabar6-Nyaris sebagian orang senang minum kopi, entah itu untuk mengawali pagi atau pada sore hari. ...