oleh

Bagaimana Dampak Olahraga pada Otak?

Kabar6-Rutin berolahraga membantu menjaga kesehatan dan berat badan. Namun tahukah Anda, olahraga ternyata juga dapat membantu menjaga kesehatan dan fungsi otak?

Apa sajakah itu? Melansir dokter.id, berbagai penelitian menunjukkan bahwa olahraga sangat efektif untuk mengatasi gejala depresi dan mengurangi rasa sedih. Termasuk juga meningkatnya denyut jantung, karena berolahraga dapat membantu meningkatkan aliran darah yang menuju ke otak, yang dapat membantu meningkatkan kemampuan daya ingat dan fungsi otak secara keseluruhan.

Pada sebuah penelitian, para peneliti memeriksa bagaimana keadaan otak sebelum dan setelah berolahraga. Para peneliti menemukan adanya peningkatan volume otak pada beberapa area otak setelah para peserta penelitian berolahraga. Hasilnya, para peserta penelitian dapat melakukan tugas yang membutuhkan daya ingat dan konsentrasi dengan lebih baik (hingga 10-15 persen) setelah mereka berolahraga.

Hal lain, sebuah penelitian di Amerika menemukan bahwa berolahraga, meskipun dengan terpaksa, dapat membantu melindungi Anda dari rasa cemas dan stres. Kemudian, setelah melakukan evaluasi pada lebih dari 100 buah penelitian mengenai olahraga, para peneliti di Amerika menemukan bahwa olahraga angkat beban dapat membantu meningkatkan daya konsentrasi seseorang.

Pada penelitian yang sama, para peneliti juga menemukan bahwa melakukan olahraga kardio yang membutuhkan waktu yang lama dan konsistensi, dapat membuat seseorang menjadi lebih mampu menyelesaikan berbagai tugas yang diberikan kepadanya. ** Baca juga: Survei Paparkan Waktu Tertentu Seseorang Miliki Keinginan Besar untuk Selingkuh

Jadi, jangan malas untuk berolahraga.(ilj/bbs)

ID:2659 Responsif

Berita Terbaru