oleh

Bagaimana Cara Tepat Menyimpan Makanan Lebaran yang Berlimpah?

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Usai Lebaran akan ada banyak makanan tersisa, salah satunya karena Anda cenderung memasak menu dalam jumlah berlimpah. Dan biasanya, Anda selalu menyimpan sisa masakan tadi dalam kulkas untuk kemudian dipanaskan kembali.

Padahal dari segi kesehatan, makanan yang dihangatkan itu kurang sehat. Dilansir Okezone, tubuh Anda harus selalu menerima makanan fresh alias yang baru dimasak.

Makanan Lebaran bisa disimpan hingga tiga hari di dalam kulkas, dengan catatan jangan masukkan makanan ke dalam kulkas dan dipanaskan secara berulang-ulang.
Makanan seperti rendang dan sambal kentang balado mungkin bisa dihangatkan berulang-ulang atau sesuai kebutuhan. Namun ada makanan yang tidak boleh disimpan dan dihangatkakan lebih dari satu hari yaitu sayuran. Menghangatkan sayuran tidak boleh karena tidak baik untuk kesehatan.

Mengonsumsi makanan yang dihangatkan pun porsinya harus seimbang. Anda juga harus mengonsumsi sayur dan buah untuk mengeluarkan racun dalam tubuh. Dan jangan lupa untuk konsumsi air putih dalam jumlah cukup.

Cara mudah yang bisa Anda lakukan sebenarnya adalah memasak sesuai porsi yang dibutuhkan, sehingga makanan yang diperoleh tubuh adalah makanan yang fresh. Memang tidak praktis dan membutuhkan waktu lama, terlebih saat Lebaran biasanya aktivitas padat dengan saling berkunjung ke rumah sanak saudara atau kerabat. ** Baca juga: Waspada Penyakit Darah Tinggi Usai Lebaran

Namun perlu diingat, menjaga kesehatan saat Lebaran itu perlu, sebab usai Lebaran Anda masih memiliki banyak aktivitas yang tentunya membutuhkan tubuh yang sehat.(ilj/bbs)

Berita Terbaru