oleh

Bagaimana Cara ‘Ngemil Aman’?

Kabar6-Camilan gurih atau manis menjadi semacam godaan bagi Anda yang tengah berjuang menurunkan berat badan. Akibatnya, bila kebiasaan mengemil tidak bisa dikendalikan, tentu saja berat badan jadi makin bertambah.

Bagaimana solusinya? Ada cara ‘ngemil aman’, melansir Pesona, yang bisa Anda lakukan sehingga diet berjalan sukses. Apa sajakah itu?

1. Gunakan mangkuk mungil
Tempat makan bisa mempengaruhi program diet. Berbagai penelitian menunjukkan, orang cenderung memilih jumlah makanan sesuai ukuran tempat makan. Jadi, jika menggunakan piring atau mangkuk besar, Anda akan mengambil jumlah makanan dalam porsi banyak.

Apabila camilan disimpan dalam stoples, pilih stoples mungil dengan leher sempit jadi Anda perlu usaha untuk mengambilnya.

2. Sembunyikan makanan cepat saji
Hindari menyimpan stok kentang goreng cepat saji atau nugget, serta mi instan. Makanan yang mudah dimasak ini akan membuat Anda jadi lebih sering ngemil, apalagi saat tengah malam.

Ganti stok makanan ini dengan buah dan sayur lalu letakkan di meja dapur. Dengan begitu, Anda pun harus mengonsumsi makanan yang lebih menyehatkan ini ketika tergelitik untuk mengemil.

3. Garpu besar
Menurut Journal of Consumer Research Study, orang yang menggunakan garpu besar cenderung makan lebih sedikit dan meninggalkan lebih banyak sisa makanan dibandingkan mereka yang makan dengan garpu ukuran standar, dengan porsi makanan sama.

Peneliti di University of Utah menjelaskan, hal ini terjadi karena ketika orang makan dengan garpu ukuran kecil, mereka merasa kebutuhan makan mereka belum terpenuhi.

4. Gunakan tangan lainnya
Makan dengan tangan yang tidak biasa digunakan sehari-hari akan membuat Anda makan lebih sedikit, seperti yang diungkapkan penelitian the Personality and Social Psychology Bulletin. Hal ini juga berlaku ketika nonton bioskop.

Berdasarkan penelitian, responden jadi makan popcorn 30 persen lebih sedikit ketika makan dengan tangan berbeda. ** Baca juga: Cemburu Jadi Salah Satu Penyebab Wanita Gemar Berbelanja

Selamat mencoba.(ilj/bbs)

Berita Terbaru