oleh

Bagaimana Cara Ilmuwan Beri Nama Fosil Hewan Purbakala yang Ditemukan?

Kabar6-Pernahkan terpikir oleh Anda, bagaimana cara para ilmuwan memberi nama fosil hewan temuan mereka seperti Tyrannosaurus Rex, Compsognatus, Triceratops, dan lain sebagainy?

Para ilmuwan sepakat bahwa orang pertama yang menemukan fosil tersebut bisa memberinya nama sesuka hati mereka. Sebagai contoh, fosil dinosaurus yang ditemukan di Tiongkok diberi nama Lingwulong Shengi dan Caihong Juji, sesuai nama penemunya. Namun bukan berarti namanya bebas karena ternyata ada kaidah-kaidah sendiri dalam memberi nama dinosaurus.

Nama tersebut, melansir menarikdanmenggelitik, harus sesuai dengan Kode Internasional Nomenklatur Zoologi yang mengatur tentang nama ilmiah untuk semua organisme. Lantas, dari mana asal sebutan dinosaurus? Pada 1841, Sir Richard Owen yang merupakan ahli biologi asal Inggris memberi nama Dinosaurus yang diambil dari bahasa Yunani Deinos yang berarti menakutkan, dan Sauors yang berarti kadal. Secara keseluruhan, Dinosaurus artinya adalah kadal yang menakutkan.

Selain itu, setiap harinya selalu ditemukan spesies dinosaurus baru. Saat ini sudah sekira 1.200 spesies dinosaurus yang ditemukan, dan sekira 50 spesies baru diberi nama setiap tahunnya.(ilj/bbs)

Berita Terbaru