oleh

Bagaimana Cara Aman Buang Obat yang Sudah Kedaluwarsa

Kabar6-Tidak hanya makanan, obat-obatan pun punya tanggal kedaluwarsa. Hal yang harus diperhatikan, Anda disarankan tidak sembarangan membuang obat-obatan itu ke tempat sampah agar tidak disalahgunakan oleh orang yang tak bertanggung jawab.

Selain itu, obat yang dibuang begitu saja ke tempat sampah juga bisa merusak lingkungan atau membahayakan hewan peliharaan yang sering mengorek tempat sampah.

Cara membuang obat kedaluwarsa, melansir Kompas, pertama adalah dengan membuka dari kemasan atau wadahnya terlebih dahulu. Tutupnya juga harus dibuang terpisah, karena apabila masih utuh wadahnya bisa disalahgunakan. Untuk obat dalam bentuk cair seperti sirop, buang isinya ke saluran air.

Sementara untuk obat berbentuk tablet atau kapsul, tumbuk sampai tercampur, lalu tanam ke tanah. Jangan lupa menghapus informasi dari kemasan obat atau plastik obat sebelum dibuang.

Obat yang sudah tidak layak dikonsumsi bisa dilihat secara fisik, selain tanggal kedaluwarsanya. ** Baca juga: Studi: Orang yang Telat Menikah Justru Lebih Bahagia & Percaya Diri

Ciri obat yang sudah rusak antara lain kalau bentuk kapsul biasanya lengket, atau tablet yang sudah jadi bubuk atau ada titik-titik kehitaman. Selain itu, obat sirop bentuknya berubah atau tidak menyatu lagi kalau dikocok.

Jadi jangan sembarangan membuang obat yang sudah kedaluwarsa, ya.(ilj/bbs)

Berita Terbaru