oleh

Bagaimana Agar Usai Olahraga Malam Tidak Alami Insomnia?

Kabar6-Tidak sedikit orang yang berpendapat bahwa olahraga pada malam hari akan membuat kita sulit untuk tidur atau gangguan tidur berupa insomnia. Akibatnya, Anda akan terbangun keesokan harinya dalam kondisi letih dan tak bersemangat. Benarkah pendapat tersebut?

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa hal tersebut tidak sepenuhnya. Apabila malam hari merupakan waktu yang paling nyaman bagi Anda untuk berolahraga, dan hal tersebut tidak mengganggu jadwal tidur, maka lakukan terus.

Sebaliknya, bila Anda adalah salah satu dari orang-orang yang sulit untuk tidur setelah melakukan olahraga pada malam hari, maka harus mengubah rutinitas Anda. Bagaimana caranya? Melansir Articlesmercola, lakukan olahraga yang tidak terlalu berat di malam hari seperti yoga, pilates atau bahkan jalan sore. Bila Anda tetap ingin melakukan olahraga yang cukup berat, sebaiknya turunkan intensitasnya. Usahakan untuk melakukan olahraga sekira 3-4 jam sebelum waktu tidur.

Minum kopi sebelum berolahraga mungkin dapat meningkatkan kebugaran. Namun bila Anda melakukan olahraga di sore atau malam hari, kafein akan membuat Anda tetap terjaga. ** Baca juga: Ladies, Jangan Lalai Perhatikan Beberapa Hal dari Tubuh Sebagai Deteksi Dini Penyakit

Hal lain, dianjurkan untuk minum air putih agar tubuh Anda terhidrasi dengan baik. Hal ini akan memicu produksi hormon kortisol. Terakhir, dianjurkan mandi dengan menggunakan air hangat setelah Anda berolahraga.(ilj/bbs)

ID:2659 Responsif

Berita Terbaru