oleh

Bagaimana Agar Tubuh Tidak Pegal Saat Mudik?

Kabar6-Duduk dalam kendaraan selama perjalanan mudik tentu saja membuat tubuh kaku dan pegal. Hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi rasa pegal, selain mengonsumsi makanan yang sarat nutrisi, pemudik juga harus melakukan peregangan.

Agar tubuh tidak kaku selama perjalanan, Anda sebaiknya melakukan peregangan setiap 60-90 menit. Untuk olahraga saat mudik, melansir CNN Indonesia, hanya boleh peregangan, dengan gerakan-gerakan sederhana baik static maupun dynamic stretching selama lima hingga 10 menit setiap 60-90 menit berkendara. Peregangan statis adalah gerakan dengan intensitas rendah. Gerakan itu dapat dilakukan dengan menekuk siku kanan ke arah kiri belakang dan menahannya selama beberapa saat.

Sedangkan peregangan dinamis dilakukan dengan intensitas rendah-sedang. Gerakan ini dapat dimulai dengan menggerak-gerakkan tangan atau kaki ke depan dan ke belakang dalam beberapa hitungan.

Fungsi dari meregangkan otot itu agar tidak mengalami kekakuan, kram dan keletihan akibat berada di satu posisi tertentu dalam waktu yang lama. Kondisi yang monoton itu otomatis akan membuat otot terasa pegal.

Seringkali kita mendapatkan kabar pemudik yang mengalami kecelakaan hingga menyebabkan kematian. Hal itu biasanya dipengaruhi oleh faktor kelelahan dan fokus berkendara yang mulai hilang akibat mengantuk.

Dengan meregangkan otot, pemudik telah melakukan langkah yang bijak untuk menghindari risiko kecelakaan tersebut. Peregangan otot membantu sirkulasi peredaran darah dan distribusi oksigen ke dalam tubuh. Hal itu dapat membuat tubuh dan fokus tetap seimbang bagi pemudik.

Diketahui, keletihan yang berlebihan dapat meningkatkan risiko kecelakaan. Nah, peregangan membantu sirkulasi peredaran darah yang membantu distribusi oksigen.(ilj/bbs)

Berita Terbaru