oleh

Bagaimana Agar Tetap Produktif Selama Puasa?

Kabar6-Saat menjalankan aktivitas harian di bulan Ramadan, seringkali Anda menjadi mudah lelah, mengantuk, dan kurang konsentrasi. Akibatnya, banyak pekerjaan yang tertunda.

Padahal, puasa yang rata-rata berlangsung selama 13-14 jam ini bukan menjadi alasan Anda untuk tidak produktif. Nah, bagaimana agar Anda tetap produktif dan fokus bekerja selama puasa Ramadan? Melansir beberapa sumber, hal pertama yang harus dilakukan adalah memilih makanan yang tepat saat sahur dan berbuka puasa. Hal ini karena makanan yang kita konsumsi memiliki dampak besar pada tubuh selama puasa. Mengonsumsi makanan yang digoreng dan berminyak membuat tubuh Anda lesu dan malas sepanjang hari, sampai malam karena makanan tersebut mengandung lemak.

Namun bila Anda memang penggemar makanan yang digoreng, dapat mengganti minyak goreng biasa dengan minyak zaitun, karena mengandung lemak yang diperlukan oleh tubuh yang sedang puasa.

Untuk menghindari banyak minyak, cobalah mengonsumsi makanan yang bergizi seperti oatmeal saat sahur. Kombinasikan dengan buah, dan segelas susu. Untuk buka puasa, pilih makanan yang bergizi lengkap. Mulai dari daging, ikan, sayur, buah, hingga kacang-kacangan. Kunyah makanan secara perlahan agar makanan mudah dicerna, untuk menghindari perut kembung.

Selanjutnya adalah kualitas tidur yang baik. Dalam kondisi normal, tubuh dan otak Anda perlu beristirahat selama 6-8 jam per hari agar energi kembali pulih dan menjaga kesehatan organ tubuh. Sedangkan saat menjalankan puasa Ramadan, waktu tidur Anda tentu akan berkurang dan tidak sesuai dengan jadwal biasanya.

Solusinya, cobalah tidur lebih awal dari biasanya, dan jauhkan diri dari perangkat elektronik yang bisa membuat Anda terus terjaga.

Kemudian, minum air putih yang cukup saat berbuka dan sahur agar tubuh terhidrasi dan tidak lemas. Diketahui, air putih berperan untuk memperlancar metabolisme tubuh dan menjaga hidrasi tubuh. Komposisinya, saat sahur minum dua gelas air putih, buka puasa minum dua gelas, dan empat gelas pada malam hari menjelang sahur.

Cara lain, tetap rutin berolahraga yang bisa membantu Anda untuk menjaga stamina, sehingga tubuh tidak mudah lelah dan terserang penyakit. Jadi Anda akan tetap bisa produktif meskipun sedang berpuasa.

Beberapa olahraga ringan yang bisa dilakukan saat puasa adalah yoga dan jalan cepat. Dua olahraga ini tidak terlalu banyak mengeluarkan tenaga tetapi cukup membuat Anda mengeluarkan keringat dan meningkatkan fokus pada otak. ** Baca juga: Langsung Tidur Usai Sahur, Hati-hati Ada Bahaya Kesehatan yang Mengintai

Jadi, puasa bukan berarti Anda boleh bermalas-malasan, lho.(ilj/bbs)

Berita Terbaru