Home / Aneka Berita / Sehat / Bagaimana Agar Minum Air Putih Jadi Suatu Kebiasaan?
Ilustrasi/bbs

Bagaimana Agar Minum Air Putih Jadi Suatu Kebiasaan?

Kabar6-Memenuhi kebutuhan akan cairan tubuh sangat disarankan agar tidak mengalami dehidrasi. Salah satunya dengan rutin minum air putih secukupnya. Sayang, tidak semua orang gemar minum air putih.

Diketahui, wanita membutuhkan sekira 2,2 liter air putih per hari untuk menjaga hidrasi tubuh. Bagaimana agar minum air putih menjadi salah satu kebiasaan sehat harian Anda? Melansir Cosmopolitan, berikut uraiannya:

1. Minum segelas air putih setelah buang air kecil
Setiap kali buang air kecil yang sama artinya dengan mengeluarkan cairan dari tubuh, jangn lupa isi lagi cairan yubuh dengan minum satu gelas air.

2. Minum sebelum makan.
Selain membersihkan mulut, air putih bisa membantu mengontrol nafsu maka agar tidak makan secara berlebihan.

3. Tambahkan es batu ke minuman manis.
Bila Anda adalah penggemar minuman manis, tambahkan air atau isilah setengah gelas dengan es batu. Anda tetap akan mendapat rasa manis yang diinginkan, dan juga berhasil meningkatkan hidrasi tubuh dengan bantuan es batu.

4. Tambahkan rasa ke air putih
Jika tidak suka minum banyak air putih karena rasanya hambar, tambahkan irisan buah segar ke botol air. Anda bisa menambahkan irisan buah stroberi dan lemon, atau timun dan daun mint. Setelah habis, tinggal isi ulang lagi.

5. Perbanyak konsumsi makanan dengan kadar air tinggi.
Satu trik untuk menjaga tubuh agar tetap terhidrasi adalah, tambahkan sayuran atau buah-buahan yang berair ke dalam menu seperti semangka (96 persen air) dan timun (96 persen air). ** Baca juga: Sulit Tidur Bisa Dipengaruhi Oleh 7 Kebiasaan Buruk yang Anda Lakukan

6. Ikuti peraturan 1:1 saat minum alkohol & kopi
Saat sedang hangout bersama teman-teman di kafe atau bar, ikuti peraturan satu banding satu (1:1). Untuk setiap gelas yang dihabiskan, minumlah satu gelas air setelahnya. Karena alkohol dan kopi bersifat diuretic, Anda wajib menjaga tubuh agar tidak dehidrasi.

Jangan remehkan dehidrasi tubuh karena berbahaya bagi kesehatan.(ilj/bbs)

Check Also

Stres Bisa Rusak Kulit, Ini Penjelasannya

Kabar6-Stres adalah gangguan mental yang dihadapi seseorang akibat adanya tekanan, yang muncul dari kegagalan individu ...