oleh

Bagaimana Agar Berat Badan Tetap Stabil Selama di Rumah Saja?

Kabar6-Satu hal yang menjadi godaan utama bagi banyak orang saat menghabiskan waktu di rumah saja adalah keinginan untuk mengemil. Hal ini karena Anda selalu berada di ruangan yang terbatas, sehingga ruang gerak tubuh pun ikut dibatasi.

Akibatnya, rasa bosan, tidak nyaman dan stres yang mempengaruhi diri menciptakan emotional eater atau makan emosional. Kondisi ini adalah reaksi alami pikiran untuk mencari comfort food saat merasa tidak nyaman.

Menurut seorang psikolog bernama Susan Albers Psy.D., melansir Femina, ada banyak faktor yang mempengaruhi kebiasaan makan seseorang selama karantina seperti kondisi saat ini. Beberapa di antaranya adalah karena perasaan khawatir, kegelisahan, kebosanan, berada di luar rutinitas normal, stres, hingga akses yang mudah untuk mendapatkan makanan sepanjang hari.

Dengan kondisi seperti ini, kekhawatiran berat badan bertambah selama berdiam diri di rumah saja di tengah pandemi COVID-19 pun ikut meningkat. Lantas, bagaimana solusinya? Untuk bisa menghindari makan emosional, berikut tipsnya:

1. Kenali tingkat kelaparan
Seberapa lapar diri Anda dari skala 1 sampai 10. (Skala 10 = benar-benar kenyang, 1 = sangat lapar). Perhatikan tubuh apakah Anda lapar karena benar-benar lapar fisik atau hanya karena merasa bosan, jenuh, atau stres (lapar emosional).

2. Tanyakan pada diri sendiri
Tanya pada diri sendiri, apakah lapar yang Anda rasakan benar lapar fisik atau hanya karena emosi. Coba pikirkan hal yang bisa Anda lakukan untuk membantu mengatasi emosi tersebut (bosan, jenuh, lelah, dan lainnya), dan bukan sekadar keinginan untuk makan camilan.

3. Cermat pilih camilan
Pilihlah camilan yang ingin Anda makan dengan sadar. Jangan hanya makan apa yang gampang Anda dapatkan. Coba pelan-pelan pilih camilan yang memang enak dan bisa mengurangi rasa lapar.

4. Pilih dengan serius
Sebelum melahap camilan yang sudah dipilih, coba tanyakan kembali pada diri, apakah camilan tersebut akan menghilangkan rasa lapar atau sekadar keinginan saja? ** Baca juga: Di Rumah Saja Selama Pandemi COVID-19, Begini Cara Usir Rasa Malas Saat Puasa Ramadan

5. Tahu kapan harus berhenti
Makanlah dengan sadar dan perlahan. Saat melahapnya, tanyakan pada apakah rasa lapar fisik tersebut masih ada atau sudah hilang? Jika tak lagi merasakan lapar, maka berhentilah.

Selamat mencoba.(ilj/bbs)

Berita Terbaru