oleh

Badai Dorian Sebabkan 3 Ekor Sapi di AS Terseret Hingga ke Pulau Tetangga

Kabar6-Badai Dorian menghantam Amerika Serikat menyebabkan tiga sapi liar ini terseret hingga ke sebuah pulau yang berjarak antara 6,5-8 kilometer dari rumah asalnya.

Seekor sapi, melansir iflscience, terlihat di sebuah pulau di Cape Lookout National Seashore, Carolina, AS, usai Badai Dorian. Dan, dua sapi lain juga terlihat di pulau yang sama. Namun tidak diketahui siapa pemilik sapi-sapi tersebut. Namun diyakini bahwa hewan itu adalah sapi liar, ketiganya tampak panik saat didekati manusia.

“Ketika badai melewati North Carolina pada awal September, itu menyebabkan gelombang tinggi dari Pamlico Sound ke Samudera Atlantik,” demikian tulis Cape Lookout National Seashore dalam sebuah postingan Facebook. “Gelombang tinggi itu menyapu Pulau Cedar, dan membawa sapi liar yang tinggal di sana.”

Ketiga sapi itu dipercaya bisa mencapai Cape Lookout dengan cara berenang sejauh 6-8 kilometer, melewati deburan ombak dari Samudra Atlantik. Sebelumnya, ada sekira 20 sapi liar yang hidup di Pulau Cedar. Namun, ketika Badai Dorian menerjang Carolina, sebagian besar sapi diperkirakan tewas.

“Tak lama setelah badai terjadi, kami menemukan seekor sapi mencapai pulau. Namun, karena dia liar dan panik, maka tidak ada yang berani mendekatinya. Dia kini telah bergabung dengan dua sapi lain dari Pulau Cedar yang juga selamat dari badai hingga sampai di pulau,” jelas National Park Service.

Diketahui, Badai Dorian sendiri telah menjadi salah satu badai paling merusak dalam sejarah manusia ketika menghantam Bahama beberapa bulan lalu. Saat itu, kekuatan anginnya mencapai 320 kilometer per jam dengan gelombang badai antara 5,5-7 meter di atas tingkat pasang normal.

Badai ini juga telah mengakibatkan banjir dan kerusakan infrastruktur di beberapa negara bagian di Amerika Serikat. Selain itu, kerugian akibat badai ini ditaksir mencapai miliaran dolar AS. ** Baca juga: Fenomena Unik di Australia, Matahari Berwarna Merah

Sementara itu, terkait nasib ketiga sapi tadi para petugas berencana akan mengembalikan mereka ke tempat asalnya dengan cara membiusnya terlebih dahulu.(ilj/bbs)

Berita Terbaru