oleh

Pria Tiongkok Pura-pura Jadi Pemuda Tampan Asal Korsel untuk Tipu 39 Wanita

Kabar6-Seorang pria yang juga ayah dua anak asal Tiongkok bernama Ha Gansheng, harus menjalani vonis penjara lebih dari 11 tahun, karena telah menipu sebanyak 39 wanita, dan menyebabkan kerugian hingga Rp1,1 miliar.

Dalam menjalankan aksinya, melansir SCMP, Gansheng menggunakan dua foto pria muda dari Korea Selatan (Korsel), yang diunduh melalui internet. Gansheng sengaja memilih foto sosok pria yang tampan untuk lebih meyakinkan sasarannya, yang didominasi wanita berusia 20-an tahun.

Tak hanya itu, Gansheng juga menulis identitas dan karier yang menjanjikan, termasuk sebagai seorang dokter di Shanghai, pengacara di Shenzhen, dan seorang mahasiswa PhD di Beijing. ** Baca juga: Penyimpangan Seksual, Manajer Restoran AS Diduga Buang Air Kecil dalam Minuman Anak-anak

Para korban dirayu agar terpikat, bersedia menjadi pacarnya, dan memberikan kepercayaan baru kemudian dimintai uang. Alasan yang dipakainya juga beragam seperti untuk membayar kembali pinjaman rumahnya, kartu kredit, dan pengeluaran lainnya.

Kemudian, Gansheng membuat berbagai alasan untuk menunda pembayaran dan para ‘kekasihnya’ itu diblokir secara online ketiga mulai menagih uangnya. Aksinya terbongkar setelah korban terakhirnya, yang berusia 22 tahun, melapor ke polisi karena tabungannya ludes.

Wanita tersebut merupakan pelapor pertama, meskipun Gansheng sudah menjalankan modus tersebut sejak 2016. Polisi lantas mengusut penipuan asmara itu sehingga diketahui jika total korbannya mencapai puluhan orang dengan kerugian miliaran.

Identitas asli Gansheng adalah pria berusia 38 tahun yang sudah menikah, memiliki dua anak dan pengangguran. Dokumen pengadilan di Provinsi Hubei, Tiongkok Tengah, bahkan mendeskripsikannya sebagai pria berpenampilan biasa dengan tinggi 160 cm.(ilj/bbs)