oleh

Awas, Pencuri Bagasi Penumpang Kian Marak di Bandara

Kabar6-Komplotan pencuri barang milik pengguna (bagasi penumpang) jasa penerbangan di Bandara Internasional Soekarno Hatta (BSH), Tangerang kian meresahkan.

Pihak kepolisian setempat dan pengelola bandara meminta penumpang untuk lebih waspada. Pasalnya, pencurian itu diduga dilakukan oleh porter.

“Uang, perhiasan, cincin, kamera dan barang elektronik berharga nilai tinggi dan aneka barang milik penumpang bisa jadi sasaran. Pasalnya, pencurian barang tersebut justru dilakukan oleh porter,” ujar Kasat Reskrim Polres Kota Bandara, Kompol Siswo Yuwono, Minggu (11/11/2012).

Merujuk fakta, kata Siswo, selama tahun 2011 terjadi sebanyak 15 laporan kehilangan barang berharga dari penumpang. Dari total 15 kasus itu, 10 kasus diantaranya berhasil diungkap, sedangkan lima kasus belum terungkap.

“Dari pengungkapan kasus sebelumnya, umumnya kasus pencurian itu dilakukan oleh porter. Mereka bekerja cepat dan rapi menggunakan pisau kecil berbentuk pulpen atau pisau silet untuk merobek tas dan mengambil barang penumpang,” kata Siswo lagi.

Adapun sejak Bulan Januari hingga November 2012, setidaknya terjadi 9 kasus serupa yang kini sedang ditangani oleh Kepolisian Bandara.

“Biasanya pencurian terjadi Ketika pemindahan barang bagasi penumpang dari check in counter ke bagasi area,” katanya lagi.

Parahnya, aksi porter nakal itu tidak hanya dilakukan pada satu maskapai penerbangan saja. Namun, tersebar hampir merata diseluruh maskapai penerbangan di terminal kedatangan bandara.

“Penumpang yang kehilangan barang berharga biasanya baru melapor ke polisi sehari setelah pencurian itu terjadi. Karena penumpang pesawat baru menyadarai kecolongan benda berharga usai tiba di rumah,” kata Siswo lagi.

Genaral Affairs pada Kantor Cabang PT Angkasa Pura (AP) II, Yudis Tiawan mengatakan, penumpang pesawat yang kehilangan barang berharganya harus meminta pertanggungjawaban dari maskapai yang bersangkutan. 

Dan, seharusnya maskapai bersangkutan harus melakukan penjagaan ekstra terhadap barang milik penumpang yang telah terdaftar menaiki pesawat. Karena itu adalah bagian dari tanggungjawab mereka.

“Saat penumpang pesawat berada di arel bandara atau sebelum cek-in, itu tanggung jawab AP II. Tapi, bila penumpang sudah cek-in, kehilangan barang menjadi tanggungjawab maskapai yang bersangkutan,” kata Yudis.(rah)

Berita Terbaru