Awal Ramadan, Banyak ASN Tangsel Diduga Bolos

kabar6.com
Pegawai Pemkot Tangsel.(yud)

Kabar6-Sepanjang bulan suci Ramadan jam kerja di lingkup Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) disesuaikan. Hari pertama kerja sekaligus bertepatan dengan bulan puasa kali ini diduga banyak Aparatur Sipil Negara (ASN) yang membolos.

Pantauan kabar6.com di pusat pemerintahan kota (Tangsel) terlihat lengang. Ruang-ruang kerja pun tak memperlihatkan aktivitas perkantoran seperti pada umumnya.

Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kota Tangsel, Apendi, mengakui banyak pegawai yang absen lewat finger print. Meski demikian ia enggan memperlihatkan bukti salinan data cetaknya daj meyakini tingkat kehadiran ASN tetap tinggi.

“Memang banyak pegawai yang tadi enggak ke masjid (Al-Itishom,). Tapi kita lihat absen banyak,” klaimnya kepada wartawan di Jalan Raya Maruga Nomor 1, Serua, Kecamatan Ciputat, Kamis (17/5/2018).

Menurutnya, selama bulan Ramadan jam kerja pegawai dari Senin hingga Kamis mulai pukul 08.00 -15.00 WIB. Sementara khusus pada Jum’at jam pulang kerja dimundurkan setengah jam lebih lama.

Apendi menjelaskan, sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin ASN telah mengatur absensi pegawai. Menurutnya, absensi pegawai selama bulan Ramadan ini karena berpengaruh terhadap pemberian uang tunjangan.**Baca juga: Hari Pertama Puasa, Harga Ayam Potong Melambung Tinggi

“Kalau absennya gak bagus ASN itu sendiri yang rugi karena jumlah TPP (Tunjangan Prestasi Pegawai) yang akan diterima jumlahnya berkurang,” terang Apendi.(yud)