oleh

Awal 2021 Perputaran Uang BST di Tangsel Capai Rp 27 Miliar

Kabar6-Penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST) bagi 90.173 Keluarga Penerima Manfaat di Kota Tangerang Selatan (Tangsel), diyakini mampu menggerakan sektor usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) pada awal 2021 ini.

“Jangan dilihat per keluarga hanya menerima Rp 300 ribu, tapi dari 300 ribu dikali KPM sebesar 90.173 itu, kalau tersalurkan semua, maka ada perputaran ekonomi di masyarakat sebesar Rp27 miliar dalam dua minggu penyaluran ini,” ungkap Kepala Dinas Sosial Tangsel, Wahyunoto dikonfirmasi, Minggu (17/1/2021)

Menurutnya, masyarakat yang menerima BST tentunya, akan membelanjakan uang tersebut ke warung-warung kecil milik tetangga terdekat untuk memenuhi konsumsi harian keluarga penerima manfaat.

“Di tengah kondisi awal tahun pelaksanaan anggaran daerah belum berjalan, kegiatan-kegiatan masyarakat masih dibatasi dengan PPKM, Pemerintah berupaya tetap menyalurkan bantuan kepada keluarga tidak mampu dan 27 miliar itu berputar dikondisi saat ini, sangat luar biasa menimbulkan dampak ekonomi bagi masyarakat dan pengusaha mikro,” jelas Wahyu.

**Baca juga: Skema Distribusi BST di Tangsel Cegah Kerumunan Warga

Dia mengaku, hampir 80 persen KPM telah menerima BST sebesar Rp300 ribu, yang mulai disalurkan pada Sabtu 9 Januari kemarin. Ditargetkan, BST Rp300 ribu itu akan tersalurkan penuh kepada 90.173 KPM pada 22 Januari 2021 mendatang.

“Target kami pekan depan selesai. Maksimal tanggal 22 Januari itu, sudah tersalurkan semua. Selanjutnya, kita akan evaluasi untuk penyaluran bulan Februari,” jelas Wahyunoto.(yud)

Berita Terbaru