oleh

Australia Gunakan Drone untuk Awasi Koala Liar yang Mulai Punah

Kabar6-Queensland University of Technology memiliki proyek yang menggabungkan beberapa teknik baru untuk membantu mengawasi populasi koala liar di Australia.

Cara baru ini, melansir zdnet, dianggap lebih efektif karena tak mungkin ada koala yang tinggal di hutan, dan memanjat pohon sepanjang waktu untuk mengawasi mereka. Mereka menggunakan drone yang dilengkapi dengan kamera, sehingga rekaman dapat diputar dan dipelajari lebih mendalam agar dapat metode yang pas.

Hal ini mirip dengan proyek sebelumnya yang dilakukan Queensland University of Technology, di mana duyung yang terancam punah. Mereka dihitung dan dipastikan kembali jumlahnya melalui pantauan udara di sepanjang pantai.

“Bahwa ini akan jauh lebih sulit, karena medan pantai dan koala yang sering di pohon berbeda, kompleksnya adalah bagian dari ilmu di sini. Ini bukan hanya menghitung jumlah hewan dengan drone, tapi tim berhasil melakukan hal itu di lingkungan yang sangat sulit,” terang Grant Hamilton, seorang rekan penulis studi.

Saat tim mengirim drone mereka di pagi hari, mereka berharap tak ada perbedaan besar antara suhu udara dan koala yang ada di pohon. Drone terbang seolah menjadi mesin pemotong rumput yang memotong puncak pohon untuk mengumpulkan data dari area yang luas.

Untuk pengujian awal, keakuratan sistem diperiksa dengan pengukuran tanah yang diberikan oleh unit GPS pada beberapa hewan dan tag radio. Sekira 86 persen koala ditemukan di area tertentu dan itu jauh lebih baik. ** Baca juga: Fosil Jamur Tertua di Dunia Berusia 635 Juta Tahun

“Kami membahas dalam beberapa apa yang bisa dilakukan manusia sepanjang hari, karena ada tempat-tempat yang tak tak bisa dijangkau oleh drone, keduanya ada kelebihan dan kekurangan masing-masing. Perlu ada cara terbaik untuk menggabungkan keduanya untuk meghadapi kepunahan,” tambah Hamilton.

Setelah mencobanya di Queensland, tim mencoba mengirimnya ke daerah lain di pantai dan merencanakan tambahan untuk spesies lain yang hampir punah seperti koala dan dapat diidentifikasi dengan mudah.(ilj/bbs)

Berita Terbaru