oleh

Aurora Station, Hotel Pertama di Luar Angkasa Bertarif Rp131 Miliar

Kabar6-Aurora Station menjadi hotel pertama di luar angkasa sekaligus termahal di dunia. Bagaimana tidak, Anda harus merogoh kocek sebesar sekira Rp131 miliar untuk menginap selama 12 hari.

Di hotel tersebut, para tamu bisa bergerak bebas dengan gravitasi nol, dan melihat matahari terbit sekaligus terbenam selama 24 jam. Adalah Orion Span, startup teknologi di Houston, Texas, penggagas hotel yang berlokasi di ruang angkasa ini. Melansir sciencetimes, mereka sudah mengumumkan bahwa Aurora Station siap dibuka untuk umum pada 2022 mendatang. Hotel ini dijadwalkan akan diluncurkan ke orbit Bumi rendah (LEO) dengan jarak 200 mil dari permukaan Bumi. Aurora Station memiliki panjang 43,5 kaki dengan lebar 14 kaki, dan volume bertekanan 5.650 kaki kubik.

Aurora Station memiliki tipe modular dan bisa diisi enam orang sekaligus (dua orang bisa tinggal di ruangan suite). Empat orang adalah tamu dan duanya merupakan kru hotel luar angkasa. Orion Span mengatakan, kru yang bertugas di sana adalah mantan astronaut.

Di atas Aurora Sky Station, para pelancong akan merasakan sensasi gravitasi nol sambil mengorbit planet setiap 90 menit. Mereka dapat melihat pemandangan matahari terbit dan terbenam setiap 24 jam melalui jendela hotel. Lalu, melakukan livestream dengan keluarga di Bumi menggunakan internet wireless. Tamu-tamu ini juga bisa berpartisipasi dalam eksperimen penelitian seperti menanam tumbuhan di luar angkasa.

Mendatang secara bertahap, akan dibangun modul kondominium pertama di luar angkasa. Para pemiliknya bisa tinggal disana atau menyewakan kondominium mereka.

Namun para konsumen sebelum menginap harus mempersiapkan diri selama tiga bulan sebelum diberangkatkan ke luar angkasa. The Orion Span Astronaut Certification (OSAC) akan melatih khusus mereka secara online untuk kemudian praktik langsung di ruang simulasi kantor Orion Span. ** Baca juga: Seri Boneka Barbie yang Pernah Dikecam Keras Sekaligus Ditarik dari Peredaran

Menarik, ya.(ilj/bbs)

ID:2659 Responsif

Berita Terbaru