oleh

Aturan Konsumsi Madu Agar Hasilnya Maksimal

Kabar6-Madu adalah cairan alamiah yang banyak mengandung zat gula, dihasilkan oleh lebah (genus Apis) dari nektar bunga dan rasanya manis. Madu biasanya dijadikan sebagai pemanis pengganti. Namun, tetap tidak boleh dikonsumsi setiap hari karena mengandung gula tinggi.

Tidak sekadar diminum, madu juga harus dikonsumsi dengan cara yang tepat. Melansir CNN, ada sejumlah aturan minum madu agar khasiatnya maksimal. Apa sajakah itu?

1. Madu terbaik
Pilihlah madu terbaikm yaitu madu murni, bukan madu yang sudah dicampurkan dengan gula. Madu murni adalah madu yang dihasilkan secara langsung dari lebah baik, biasanya lebah ini diambil dari hutan ataupun diternak, tanpa dicampurkan bahan lain.

Madu murni memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan. Namun, saat sudah dicampurkan dengan gula atau bahan lain, khasiat madu akan berkurang.

2. Takaran
Para ahli menyarankan untuk mengonsumsi 50 gram madu setiap hari dengan air hangat di pagi hari. Takaran ini membantu membersihkan sistem pencernaan dan menyediakan energi di pagi hari.

Untuk ditambahkan ke makanan sebagai pengganti gula, cukup tuangkan satu sdm (sendok makan) madu. Menurut USDA (United State Department of Agricultural) atau Departemen Pertanian Amerika Serikat, satu sdm madu mengandung 64 kalori dan 17,3 gram gula.

Kementerian Kesehatan juga merekomendasikan untuk mengonsumsi gula 10 persen dari total energi atau sekira 200 kkal setara dengan empat sendok makan atau 50 gram gula per hari.

3. Waktu konsumsi madu
Ahli nutrisi menyarankan untuk mengonsumsi madu di pagi hari, atau saat perut masih kosong karena dapat membantu pencernaan dan juga memberikan energi.

Sementara itu, konsumsi madu di malam hari dapat membantu tidur nyenyak, membuat tubuh rileks, dan menjaga sistem pencernaan. ** Baca juga: Kenali Jenis Antioksidan yang Dibutuhkan Tubuh

Konsumsi madu dengan cara tepat memaksimalkan khasiatnya.(ilj/bbs)

Berita Terbaru