oleh

Atasi Macet Tangsel, Fly Over Gaplek Dibangun 2013

Kabar6-Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Airin Rachmi Diany, memastikan bila jalur kendaraan lewat atas (fly over) di Simpang Gaplek, Pamulang, pembangunannya akan dimulai pada tahun 2013 mendatang.

Seluruh anggaran pembangunan fly over itu menurutnya bersumber dari APBN. Fly Over Gaplek Mulai Dibangun 2013.

“2013 sudah akan dimulai pembangunan. Kalau pembebeasan lahannya sudah dilakukan pasti akan langsung dibangun,” ungkap Airin, usai menghadiri acara penyerahan DAK2 kepada KPU setempat di Serpong, Kamis (6/12/2012).

Airin menjelaskan, untuk pembangunan fly over Simpang Gaplek, Pemkot Tangsel hanya bertugas melakukan pembebasan lahannya saja. Dikatakannya, pembangunan fly over itu akan membutuhkan lahan seluas 16 ribu meter persegi.

Lahan tersebut akan dibangun jalan layang sepanjang 700 meter dan sisanya akan dibangun untuk jalan putaran arah (u- turn) dan pelebaran jalan yang ada di sisi kanan dan kiri bawah jalan layang tersebut.

“Sampai akhir tahun 2012 ini, proses pembebasan lahan yang jadi tugas pemerintah Kota Tangsel diupayakan selesai. Sehingga, tahun 2013 nanti, pihak Kementerian PU (Pekerjaan Umum) sudah bisa memastikan DED-nya (Detail Engeenering Design), dan langsung membangunnya tahun itu juga,” katanya.

Saat ditanya berapa anggaran yang dibutuhkan untuk pengadaan fly over Simpang Gaplek. Airin mengaku tidak hafal kisaran nomial anggaran untuk pembangunan fly over yang menghubungkan dengan Ciputat dengan Pondok Cabe itu. “Kalau angka-angka saya tidak hapal,” katanya.

Menurutnya untuk pembangunan fly over untuk mengurai kemacetan. Pasalnya, lalu lintas sepanjang jalan tersebut sudah padat akan kendaraan.

Perempatan yang menghubungkan, Pondok Cabe, Ciputat, Pamulang dan Sawangan, Depok ini setiap harinya kerap diwarnai kemacetan dan merupakan salahsatu titik kemacetan di Kota Tangsel. “Mudah-mudahan secepatnya selesai, kan bisa mengurangi kemacetan,” ujarnya.

Berdasarkan informasi yang diperoleh kabar6.com, pada pukul 16.30 WIB Kementerian Pekerjaan Umum mengundang Pemkot Tangsel untuk membahas sinkronisasi rencana pembahasan lahan dan pelaksanaan kontruksi pembangunan fly over Simpang Gaplek di Hotel Santika BSD, Serpong.(yud)

Berita Terbaru