oleh

Asyik Nih, Siswa SDN Poris Gaga 2 Belajar Sambil Berwisata di Banksasuci

Kabar6- Bagi para siswa Sekolah Dasar, aktivitas belajar di luar sekolah merupakan hal yang sangat menyenangkan.

Apalagi, kegiatan belajarnya berkaitan dengan nuansa alam. Tentu, mereka akan bersemangat mengikutinya.

Seperti yang dilakukan sejumlah siswa dan siswi dari SDN Poris Gaga 2 ini saat mengunjungi markas Komunitas Pecinta Alam Banksasuci Foundation, yang berada di Jalan Taman Cisadane, Gang Muara Buntu, RT 003 RW 001, Kelurahan Panunggangan Barat, Kecamatan Cibodas, Kota Tangerang, beberapa waktu lalu.

Dilokasi itu, mereka (guru&siswa) tentunya dapat belajar banyak mengenai pelestarian alam dan pengelolaan sampah, sekaligus sambil berwisata alam dibantaran sungai terpanjang di Provinsi Banten ini.

Kunjungan pihak SDN Poris Gaga 2 itu pun disambut hangat oleh para pegiat di komunitas tersebut. Termasuk, oleh Ade Yunus, sebagai salah seorang pendiri Banksasuci Foundation.

“Semoga dengan kunjungan ke Banksasuci ini, adik-adik dapat memprakktekkan dan menjadikan sebagai sebuah kebiasan baik, untuk melestarikan alam serta menjaga lingkungan di sekitarnya,” ujar Ade Yunus, kepada peserta didik yang hadir berkunjung dalam rangka Adiwiyata Provinsi Banten ini.

Selain Ade, mereka pun didampingi pegiat lingkungan lainnya bernama Fale. Mereka diajak berkeliling dan diperlihatkan berbagai pengetahuan yang ada dilokasi tersebut.

Baru memasuki area taman saja, mereka sudah menyaksikan di kiri dan kanan jalan, sudah banyak para usahawan pengolahan limbah sampah.

Dengan ramah, Fale juga tak luput memperkenalkan berbagai alat–alat untuk megelola sampah berskala besar.

Para siswa yang sangat antusias pun cukup puas, saat menyaksikan sampah-sampah dilebur dengan alat pelebur.

” Ini adalah alat pelebur sampah jika sampah yang sudah tidak terpakai maka akan di lebur dengan alat ini,” Jelas Fale, sembari menunjuk alat tersebut.

Usai siswa–siswi diberi penjelasan tentang sampah, mereka lalu diajak untuk melewati sungai Cisadane dengan menggunakan Flying fok ke hutan kecil di seberang sungai Cisadane.

**Baca juga: SDN Karawaci Baru 1 Gandeng Warga Sekitar Untuk GPBLHS

Siswa–siswi SDN Porisgaga 2 ini kembali di ajarkan cara bagaiman melestarikan sungai dan hutan dengan baik dan benar. Setelah dari hutan, kemudian mereka menyeberangi sungai dengan menggunakan perahu hingga semuanya mengaku cukup puas dan menyenangkan. (*/gus)

Berita Terbaru