oleh

Asvec Perketat Pemeriksaan Penumpang di Bandara

Kabar6-Avsec, satuan petugas keamanan penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta, akan memperketat pemeriksaan penumpang di pintu masuk terminal bandara sebelum check in.

Tindakan preventif dilakukan setelah penangkapan seorang penumpang yang kedapatan membawa narkoba jenis shabu di Terminal 1B.

“Kami akan lakukan pemeriksaan secara ketat terhadap barang bawaan penumpang, barang-barang yang dilindungi pun harus kita check,” kata
Mulyoto, Manager Asvec Terminal 1 Bandara Soekarno-Hatta di Tangerang, Rabu (25/9/2013).

Ia menjelaskan, waktu yang dibutuhkan petugas untuk memeriksa barang bawaan penumpang selama 20 menit akan ditambah menjadi 30 menit.

“Namun, kita juga akan melihat kondisi fisik petugas di lapangan,” ujarnya.

Menurutnya, pihaknya telah diberi informasi oleh pihak kepolisian mengenai modus operandi yang biasa dilakukan para pelaku kejahatan
narkotika.

“Kami diinformasikan pihak kepolisian bagaimana modus operandi yang biasa dilakukan para oknum yang coba memasukkan atau mengeluarkan narkoba melalui Terminal 1 bandara, bahkan di dalam saku pun dapat terdeteksi,” terangnya.

Adapun alat yang dipakai petugas Asvec untuk mendeteksi isi koper penumpang sebelum memasuki area check in menggunakan mesin X-Ray.

Di Terminal 1, terdapat satu kru Asvec yang terdiri atas satu petugas X-Ray dan empat petugas bagasi.(ali)

Berita Terbaru