oleh

Astronom Temukan 2 Planet yang Mirip Bumi

Kabar6-Dua buah planet dengan kondisi mirip Bumi, baru-baru ini ditemukan oleh astronom. Salah satu planet yaitu Teegarden B, mendapat skor 0,95 yang menempatkannya di posisi pertama paling mirip dengan bumi.

Sedangkan planet satu lagi, Teegarden C, berada di posisi ke-17 dengan skor mencapai 0,68. Melansir Sciencedaily, kedua planet mengorbit pada rasi bintang Aries yang jaraknya sekira 12 juta tahun cahaya, atau sekira 113,5 triliun kilometer dari Bumi. Seorang astrofisikawan di Universitas Göttingen bernama Mathias Zechmeister, menjelaskan bahwa kedua planet mirip dengan planet yang menjadi bagian dalam sistem Tata Surya kita.

Hal tersebut menyebabkan keduanya sama-sama berada pada zona yang dapat dihuni dengan kondisi mirip Bumi, yaitu memiliki air dalam bentuk cair. Kedua planet memiliki suhu relatif mirip dengan Bumi dan tanpa paparan sinar matahari yang besar atau aktivitas lainnya yang dapat mengancam kehidupan.

Namun belum ada indikasi bahwa kedua planet tersebut mempunyai atmosfer. Nah, jika ternyata memiliki atmosfer, kedua planet tersebut dapat menjadi tempat yang cocok untuk ditinggali oleh manusia dan menggantikan Bumi.(ilj/bbs)

ID:2659 Responsif

Berita Terbaru