oleh

Astekindo Pelopori Sertifikasi Tenaga Ahli

Kabar6-Asosiasi Tenaga Teknik Kontruksi Indonesia (Astekindo) Provinsi Banten, menggelar Bimbingan Teknis (Bintek) dan uji sertifikasi bidang pelaksana lapangan pekerjaan jalan dan gedung, Selasa (25/11/2014).

Acara yang digelar di Sekretariat DPD Golkar Kota Tangerang ini, diikuti oleh sebanyak 60 orang, yang terbagi dalam 2 bidang, yakni sipil (jalan) dan kontruksi (bangunan).

Ketua Umum Astekindo Provinsi Banten, Sigar Silitonga mengungkapkan, dalam bintek tersebut, pihaknya bekerjasama dengan balai pelatihan kontruksi dan peralatan, pusat pembinaan kompetensi dan pelatihan kontruksi, badan pembinaan kontruksi pada Kementrian PU.

“Tujuan Astekindo mempelopori sertifikasi SDM (sumber daya manusia, red) ini, yang pertama adalah untuk mempermudah persyaratan normatif yang saat ini diberlakukan Kementerian PU, bagi para kontraktor dalam mengikuti tender,” ujarnya.

Alasan lainnya adalah, dapat memberikan identitas diri, memberikan pengakuan atas ketrampilan dan keahlian yang dimiliki seseorang.

“Pada akhirnya dapat memudahkan dalam menetapkan standar gaji serta dapat memotivasi pekerja untuk meningkatkan keahlian atau keterampilan yang dimiliki sesuai tuntutan profesi,” tukasnya.

Apalagi, jelas Sigar, secara global, Provinsi Banten sedianya membutuhkan sebanyak 15.000 SDM yang telah disertifikasikan. **Baca juga: Begini Rencana Jokowi Untuk Pelabuhan Merak.

“Untuk itu, mungkin kedepan harapan kami, dapat melakukan kegiatan seperti ini per triwulan. Bahkan, kedepan kami juga akan bekerjasama dengan institusi pendidikan smk/kampus,” pungkasnya.(Ges)

Berita Terbaru