oleh

Astaga, Anak Ini Punya 300 Gigi

Johncris Carl Quirante.(bbs)
Johncris Carl Quirante.(bbs)

Kabar6-Saat masih kanak-kanak, jumlah gigi yang dimiliki biasanya 20 buah. Ketika remaja hingga dewasa, jumlah gigi adalah 32 buah, terdiri dari 16 gigi pada rahang atas dan 16 gigi di rahang bawah.

Tapi yang terjadi pada Johncris Carl Quirante, sepertinya bukanlah hal yang biasa. Bocah laki-laki asal Cebu, Filipina ini, dikutip dari id.theasianparent.com, memiliki 300 buah gigi.

Berawal saat berusia dua tahun, Johncris telah memiliki 50 buah gigi. Saat itulah orangtua Johncris mengetahui bahwa putra mereka menderita hyperdontia, yaitu kondisi seseorang mempunyai jumlah gigi yang lebih banyak daripada jumlah yang normal.

Gigi-gigi tambahan biasa disebut supernumary teeth tersebut bisa muncul di mana saja termasuk di langit-langit mulut.

Para penderita hyperdontia biasanya juga memiliki kondisi lain seperti bibir sumbing atau Sindrom Gardner, yaitu kelainan genetik yang ditandai dengan adanya polip di jaringan lunak seperti mulut dan gusi.

Penyebabkan terjadinya hyperdontia masih belum diketahui secara pasti. Tetapi faktor genetik diduga menjadi penyebab utamanya.

Sayang, kondisi ekonomi saat itu tidak memungkinkan orangtua Johncris untuk segera memberikan perawatan pada gigi sang anak.

Namun hingga kini Johncris sudah menjalani operasi untuk mengambil 40 giginya. Agar dapat mempunyai jumlah gigi normal, setidaknya bocah ini harus menjalani operasi sebanyak tujuh kali.

Operasi dilakukan bertahap untuk meminimalkan risiko serta trauma operasi yang bisa dialami jika dilakukan pengambilan sekaligus.

Untungnya kondisi gigi yang sangat berlebih tersebut tidak membuat aktivitas Johncris terganggu. Terbukti dia tetap bisa bermain dan bersekolah bersama guru dan teman-temannya. ** Baca juga: Kota Ini Memperbolehkan Pria Punya Tiga Pacar

Bahkan Johncris mampu menjadi salah satu siswa unggulan di kelasnya. Di balik kelemahan, terdapat kelebihan yang merupakan anugerah Tuhan.(ilj/bbs)

Berita Terbaru