oleh

Asrama Haji di Banten Mulai Dibangun Tahun Ini

Kabar6-Pembangunan asrama haji di Banten akan dimulai tahun ini. Asrama haji akan dibangun di atas lahan seluas 4,4 hektare, di Jalan KH. Hasyim Ashari, Cipondoh, Kota Tangerang.

“Insya Allah tahun ini peletakan batu pertamanya,” kata Kepala Kanwil Kemenag Banten, Nanang Fatchurrochman, saat pelepasan jemaah haji di pendopo bupati Lebak, Jumat (17/6/2022).

“Jadi kalau sudah dibangun, jemaah tidak perlu lagi bolak-balik (Pondok Gede),” sambung Nanang.

Nanang mengatakan, dengan kuota yang belum dibuka seratus persen, maka daftar tunggu haji Banten akan mencapai 53 tahun. Daftar tunggu tersebut tentunya akan lebih sebentar jika Pemerintah Arab Saudi kembali memberikan kuota normal seperti sebelum pandemi.

“Kalau kuota normal dibuka seratus persen, maka daftar tunggu kita menjadi 27 tahun. Saat ini antrean tunggu jemaah yang terdaftar sebanyak 229.700 orang, tahun ini diberangkatkan 4.291 orang, tapi kalau tidak dibatasi atau saat normal sebanyak 9.461 jemaah,” papar Nanang.

**Baca juga: DPRD Lebak Soal Desa Pindah Rekening dari BJB ke Bank Banten: Wajar, Sangat Mendukung

Nanang mengucapkan terima kasih kepada pemerintah daerah dan pihak lainnya atas sinergitas dan kerja sama yang harmonis dengan Kemenag, sehingga pelaksanaan keberangkatan jemaah haji tahun ini berjalan dengan baik.

“Begitu pun kepedulian Pemkab Lebak atas difasilitasi semuanya, kami berkomitmen memberi pelayanan terbaik untuk kenyamanan jemaah. Jangan ragu sampaikan ke petugas bila sakit atau membutuhkan informasi apapun,” katanya.(Nda)