ASPaC Award 2018, Peluang Bagi Desainer Grafis di Asia

ASPaC 2018. (tin)

Kabar6-Asia Student Package Design Competition (ASPaC) Awards 2018 digelar di Universitas Multimedia Nusantara (UMN) Gading Serpong, Kabupaten Tangerang. Acara berlangsung pada 12-24 Februari 2018 di Lobby A UMN.

Pameran tersebut dilengkapi dengan berbagai Seminar Desain dari beberapa perusahaan Jepang, Asosiasi Desainer Grafis Indonesia (ADGI) dan Kementerian Perdagangan Republik Indonesia.

“Kompetisi ASPaC sudah sejak delapan tahun lalu, tepatnya sejak 2010. Di Indonesia ini tahun yang ke empat, jadi Indonesia masih lumayan muda ya di dalam dunia ASPaC. Harapannya, selain acara pameran ASPaC ini, kami bisa bekerja sama kembali mungkin dalam bidang lain seperti film, atau banyak bidang lainnya yang bisa dilakukan dengan UMN sendiri,” kata Tsukamoto Norihisa, Director General Japan Foundation (JF) Jakarta, Senin (12/2/2018).

Dalam penyelenggaraan ASPaC, The Japan Foundation Jakarta bekerja sama dengan ADGI, mulai proses penerimaan karya, penjurian, hingga malam penghargaan di Tokyo, Jepang.

Project kompetisi ini diperuntukan bagi desainer-desiner muda Asia di bidang desain kemasan untuk merangsang kreativitas, tentunya akan menjadi bekal mahasiswa dalam karirnya di industri desain global dimasa yang akan datang.

Adapun kriteria dalam mengikuti ASPaC ini seperti, karya harus sejalan dengan tema yang ditentukan, karya dilihat dari segi eksekusi unik, dan tentunya karya tersebut menarik dalam artian belum pernah terpikirkan sebelumnya oleh orang lain terkait karyanya. Permainan Warna, topografi juga menjadi salah satu kriteria pendukungnya.

Setelah karya tersebut terpilih dalam 20 nominasi, akan mendapatkan benefit seperti sertifikat bahwa telah mengikuti ASPaC 2018. Karya yang terseleksi selanjutnya akan dikirim dan dipamerkan di Jepang dan Negara partisipan.**Baca Juga: Berprestasi, Kinerja Kejari Kabupaten Tangerang Diapresiasi.

Dan akan dibekali workshop langsung di Jepang, bahkan akan diberikan kesempatan untuk berkunjung ketempat grafis keren di Tokyo, Jepang. (tin)