oleh

ASN Terima Bansos, Dinsos Lebak: Desa Tak Update Data

Kabar6-Bukan hanya warga tidak mampu terdampak Covid-19, bantuan sosial tunai (BST) juga dinikmati oleh aparatur sipil negara (ASN) di Kabupaten Lebak.

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Lebak Eka Dharmana Putra, mengaku, dirinya memang mendapat informasi bahwa ada puluhan ASN mendapat bansos.

“Saya dengar begitu, (Bansos) itu bersumber dari APBN,” kata Eka kepada Kabar6.com, Senin (29/6/2020).

Menurut Eka, hal tersebut akibat pemerintah desa yang tidak melakukan update dalam data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS). Sehingga, ASN tersebut masuk ke dalam salah satu penerima bansos.

“Mungkin saja misadministratif, dulu dia belum jadi ASN dan tercatat ada dalam DTKS. Akibat desa tidak update akhirnya masuk ke salah satu penerima,” tutur Eka.

Kata dia, Dinsos Lebak hanya melakukan verifikasi dan memverifikasi data usulan desa di luar DTKS.

**Baca juga: MUI Lebak Tegas Menolak RUU HIP.

“Yang diusulkan hanya nama dan NIK, tidak ada jenis pekerjaan. Kami hanya mencocokkan apakah dia penerima bansos lain seperti BPNT, PKH atau sudah diusulkan sebelumnya. Itu yang kami verifikasi,” papar Eka.

Terkait dengan ASN yang menerima bansos, Pemkab Lebak sudah mengeluarkan surat yang isinya memerintahkan ASN penerima BST Covid-19 untuk mengembalikan. Bukti pengembaliannya kemudian ditembuskan ke Inspektorat dan BKPP.(Nda)

Berita Terbaru