Aset Rp2,6 T, Saham PT KBS Akan Go Public

Ilustrasi. (Ist)

Kabar6-Dengan nilai aset mencapai Rp2,6 triliun, PT Krakatau Bandar Samudera (KBS) akan menjalani sebagian sahamnya melalui Initial Public Offering (IPO) di tahun ini.

“Menawarkan (di) semester I dan II di 2018. Prosentase (saham) yang akan dilepas belum ditentukan. Nanti akan di simulasikan. Saya sudah menandatangani SK Tim IPO,” kata Mas Wigrantoro, Direktur Utama (Dirut) PT Krakatau Steel Group, saat ditemui di Kota Cilegon, Selasa (12/02/2018).

Menurut Mas Wigrantoro, Pelindo II masih berkeinginan untuk mengakuisisi KBS. Jika hal itu terus berlanjut, maka Pelindo II bisa mengikuti IPO dari anak perusahaan KS Group tersebut.

“Muncul ide IPO, untuk membangun dermaga dan menambah crane. Karena pertemuan terakhir, Pelindo ISI masih menunjukkan itikad kuat nya untuk masuk ke KBS,” jelasnya.

Sebagai anak perusahaan PT Krakatau Steel (KS) Group yang paling sehat, Wigrantara menjelaskan kalau banyak perusahaan yang ingin memiliki KBS.**Baca Juga: Longsor, Jalan Perimeter Selatan Masih Ditutup.

Salahsatunya adalah Pelindo II, yang hingga kini masih ‘keukeuh’ ingin memilikinya. Dahulu, perusahaan di bidang jasa kepelabuhanan ini sempat akan digabungkan ke Pelindo II, untuk mengurangi biaya produksi dari KS Group. Namun seiring membaiknya ‘dapur’ pabrik baja terpadu itu. Penggabungan pun tidak jadi dilanjutkan. Namun akan dijual ke publik.

“Ada rencana penggabungan Pelindo ISI dengan KS, untuk memperbaiki cash flow KS. Tapi dalam perjalanan, tidak sesuai rencana,” terangnya.(dhi)