oleh

Asah Daya Ingat dengan 5 Kebiasaan Ini

Kabar6-Seringkali Anda lupa mengingat sesuatu hal, seperti di mana meletakkan barang atau bahkan janji bertemu teman atau klien. Jika dibiarkan terus menerus, tentu saja kondisi seperti ini akan menyusahkan Anda.

Karena itulah sejak dini disarankan untuk mengasah daya ingat Anda agar tidak cepat mengalami pikun. Dikutip dari beberapa sumber, berikut lima kebiasaan untuk mengasak daya ingat:

1. Rutin olahraga
Latihan fisik dapat memperkuat sel otak. Pilihlah olahraga yang menyenangkan seperti berenang, bersepeda, jalan santai, naik-turun tangga, dan sebagainya.

2. Giat pelajari hal-hal baru
Jangan malas mempelajari hal baru dalam keseharian, misalnya mengenal bahasa baru, karena cara ini bisa menjaga sel otak jadi lebih aktif dan sehat sepanjang hari.

3. Bermain alat musik
Dengan cara mengingat nada-nada atau tangga lagu sebagai teknik dasar untuk bermusik, dapat membuat otak juga tetap aktif. Jadi tidak ada salahnya jika Anda memiliki hobi bermusik di waktu waktu senggang.

4. Mengisi teka-teki atau bermain tebakan
Kegiatan ini dapat membantu meningkatkan kapasitas mental, dan membuat otak tetap terjaga. Mainlah saat waktu senggang agar Anda terhindar dari kebiasaan melamum atau melakukan kegiatan yang kurang berguna.

5. Mengingat nomor telepon
Cara lain yang mudah dilakukan yaitu mengingat nomor telepon orang terdekat. Ucapkan dalam hati agar cepat ingat. Lakukan kebiasaan ini saat mencatat nomor orang baru supaya otak tetap aktif. ** Baca juga: Tidak Disarankan Simpan Telur di Rak Pintu Kulkas

Selamat mencoba.(ilj/bbs)

Berita Terbaru