oleh

Aroma Kopi Bangkitkan Semangat Pagi, Ini Alasannya

Kabar6-Menikmati kopi di pagi hari menjadi semacam ritual bagi sebagian besar orang sebelum memulai aktivitas. Tidak hanya itu, wangi aroma kopi juga bisa membangkitkan semangat, dan membuat Anda menjadi lebih fokus untuk bekerja.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Enviromental Psychology, melansir womantalk, menyebutkan bahwa aroma kopi bisa meningkatkan konsentrasi dan membuat kita jadi lebih fokus dalam beraktivitas. Hal ini karena kopi kaya akan senyawa heterosiklik, yang memengaruhi rasa dan bau suatu zat. Diketahui, manusia cenderung menyukai wangi kopi karena bisa membuat mereka merasa lebih baik. Selain itu, aroma kopi yang khas juga bisa menstimulus otak untuk berpikir dengan tenang dan menghindari stres.

Saat biji kopi melalui proses roasting, ada sekira 800 senyawa berbeda terbentuk dalam waktu bersamaan. Reaksi ini merupakan bentuk degradasi termal, yang membuat gula dan protein membentuk senyawa yang mudah menguap. Sebagian besar reaksi ini akan terjadi pada dinding-dinding tebal sel biji kopi. Ini bertindak sebagai ruang penekan yang kecil. Namun, tidak semua senyawa tersebut menyumbangkan wangi yang sama dan sedap untuk dicium. ** Baca juga: Ikuti 4 Cara Sederhana Redakan Stres

Sudahkan Anda minum kopi pagi ini? (ilj/bbs)

Berita Terbaru