oleh

Aroma dan Olahan Daging Kurban Kembali Dirasakan Puluhan WBP Rutan Serang

Kabar6-Menghirup aroma daging bakar dan menyantap sate hewan kurban tentu sangat dirindukan oleh para Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP). Idul Adha 2022 ini mereka bergembira, karena bisa kembali merasakan suasana Lebaran Haji bersama keluarga, sembari menyantap olahan daging kurban.

Kegembiraan itu lantaran mereka bisa menghirup udara bebas Jumat kemarin, 08 Juli 2022, melalui program asimilasi rumah (asirum) dari Kemenkumham yang diperpanjang hingga Desember 2022.

Total ada 24 WBP Rutan Kelas IIA Serang yang bisa berkumpul kembali bersama keluarga saat Idul Adha 1443 Hijriah dan menikmati suasana saat pemotongan hewan kurban.

“Kumpul sama anak istri, keluarga, pas Lebaran. Udah kangen sama mereka,” kata ABS, salah satu WBP Rutan Kelas IIA Serang, dalam rilis resminya, Sabtu (09/07/2022).

Sebelum menghirup udara bebas, mereka mendapatkan petuah dari Balai Pemasyarakatan (Bapas) Serang. ABS yang pernah menjadi tahanan pendamping atau kerap disebut tamping ini berjanji kepada dirinya, tidak akan lagi berurusan dengan hukum. Masuk ke dalam penjara menjadi pelajaran berharga bagi dirinya, karena harus berjauhan dengan keluarganya untuk waktu yang cukup lama.

**Baca juga:Satlantas Polresta Serkot Atur Lalulintas Saat Malam Takbir Idul Adha 2022

“Semoga kedepan saya bisa jadi pribadi yang lebih baik lagi. Terima kasih Rutan dan Bapas Serang untuk semua pelajaran dan nasehatnya,” ujarnya.

Kepala Rutan Kelas IIA Serang, Doddy Naksabani menerangkan, perpanjangan program asirum untuk mencegah penularan covid-19 di dalam rutan, sekaligus mengurangi penghuni dibalik jeruji besi.

Dody menghimbau para alumni WBP tidak kembali lagi menghuni jeruji besi. Harapannya, para WBP bisa terus menjadi pribadi yang baik di dunia luar.

“Saya harap dapat menyelesaikan bimbingannya dengan Bapas Serang. Dan tetap menjaga komunikasi yang baik. Semoga nanti kitab bisa bertemu Kembali, tapi bukan disini. Ditempat yang lebih baik di luar sana,” ujar Dody Naksabani, Kepala Rutan Kelas IIA Serang, dalam rilis yang sama, Sabtu (09/08/2022).(Dhi)