oleh

Apron Bandara Soekarno Hatta Penuh

Kabar6-Tingginya pergerakan pesawat di Bandara Soekarno Hatta (BSH) Tangerang saat ini, mengakibatkan kapasitas parkir pesawat (apron) penuh. Kondisi itu tak urung menyulitkan pesawat untuk sandar.

Kepala Hubungan Masyarakat (Humas) PT Angkasa Pura II, Kristianto mengatakan, dari 125 apron yang ada di terminal 1,2 dan 3 bandara saat ini, semuanya sudah penuh.

“Tingginya pergerakan pesawat, nyaris menghabiskan seluruh apron yang ada. Artinya, kapasitas parkir pesawat tidak sebanding dengan jumlah pesawat yang akan parkir,” ujar Kristianto, Senin (6/9/2013).

Menurutnya, dari 125 apron yang ada saat ini, semuanya penuh untuk parkir pesawat domestik dan internasional. “Semuanya apron ludes untuk pesawat domestik dan internasional,” ujarnya.

Saat ini, kata Kristianto, dalam sehari ada 1.220 pergerakan pesawat di bandara. Sedangkan dalam satu jam take off landing (terbang-mendarat)  ada sebanyak 72 pesawat.

“Jika dibandingkan jam operasional penuh bandara lain di Tanah Air maupun bandara di luar negeri, menunjukan jam terbang pesawat di Bandara Soekarno Hatta sangat tinggi, mencapai 48 jam,” ujarnya.

Oleh karena itu, kedepan pihak pengelola bandara berencana menambah apron hingga dua kali lipat diseluruh terminal, hingga bisa menampung seluruh pergerakan pesawat yang ada.

“Bila landasan dan runway terminal tiga selesai dibangun tahun 2014, maka parkir pesawat akan bertambah hingga dua kali lipat,” ujar Kristianto.(rah)

Berita Terbaru