oleh

Aplikasi SIARAN TANGSEL Untuk Kalangan Tertentu

Pegawai Pemkot Tangsel belajar aplikasi siaran.(yud)

Kabar6-Sistem‎ Informasi Time Table serta Sistem Informasi dan Penugasan (SIARAN TANGSEL) dioperasikan untuk memudahkan monitoring kegiatan satuan kerja perangkat daerah. Sebelumnya model monitoring masih manual menggunakan sistem Excel.

Kepala Bidang Pengelolaan Teknologi,Informasi, Komunikasi dan Persandian Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Tangsel, Tubagus asep Nurdin menjelaskan, diciptakannya sistem ini untuk mempermudah kepala daerah memantau kegiatan setiap harinya yang berlangsung di masing-masing dinas ataupun badan.

”Sekarang pakai sistem dan jauh lebih mudah, mempermudah walikota dan juga tiap-tiap SKPD untuk mengecek kegiatan apakah sudah terlaksana atau tidak,” katanya selesai sosialisasi SIARAN TANGSEL di Balaikota, Selasa (24/1/2017).

Ia menguraikan, di dalam dashboard ini semua kegiatan tersimpan. Lalu ada dua kolom kegiatan merah dan hijau. Kolom yang pertama kolom hijau itu merupakan kolom untuk program atau kegiatan yang sudah berlangsung sesuai jadwal.

“Kemudian yang merah untuk kegiatan yang tidak berjalan sesuai jadwal, seperti molor atau ditunda,” ujar Asep.

Sistem berbasis aplikasi ini bisa diakses melalui website milik Pemkot Tangsel, dan hanya bisa diakses oleh Walikota, Wakil Walikota, Sekretaris Daerah, Kepala Dinas dan Bagian Perencanaan Evaluasi dan Pelaporan (PEP) pada masing-masing SKPD.

Selain itu keuntungan dari sistem ini adalah bentuknya lebih fleskible dan portable. ”Kalau dulu mau liat agenda hari ini, Ibu (Walikota, red) harus buka kertas dulu, atau telepon ke kepala SKPDnya, kalau ini tidak, tinggal dibuka saja dashboardnya, dimanapun kapanpun, Bu wali bisa melihat kegiatan yang sudah berlangsung dan akan berlangsung serta belum berlangsung,” jelasnya.

Dilokasi yang sama, pelaksana tugas (Plt) Dinas Kesehatan (Dinkes), Listya Windyarti menyambut baik dengan adanya system ini. Sistem ini dapat mempermudah kinerja SKPD.

”Bisa terpantau, termonitor, meskipun agak lamban awalnya karena belum paham, tapi pasti ke depannya akan menyesuaikan,” utara Listya.**Baca juga: Tol Serbaraja Ditargetkan Beroperasi 2018 Mendatang.

Ia mengatakan, ada 18 program dan 183 sub kegiatan Dinas Kesehatan yang diinput ke dalam dashboard sistem SIARAN Tangsel.**Baca juga: Pemkot Tangsel Segera Luncurkan Aplikasi SIARAN TANGSEL.

“Ada 18 program yang bisa dimonitor langsung oleh Ibu Wali, Pak Wakil, serta Pak Sekda dan saya sendiri (Kepala Dinas). Jadi bisa terlihat kapan akan dilaksanakan dan sudah dilaksanakan apa belum kegiatan tersebut,” singkatnya.(yud)

Berita Terbaru