oleh

Apes, Hanya dalam Sehari Seorang Miliarder Asal Tiongkok Harus Kehilangan Harta Senilai Rp36 Triliun

Kabar6-Tang Xiao’ou, seorang profesor sekaligus miliarder pendiri raksasa Artificial Intelligence China SenseTime, harus kehilangan kekayaan hingga sekira Rp36 triliun hanya dalam satu hari, usai saham SenseTime yang terdaftar di Hong Kong merosot 51 persen setelah periode penguncian berakhir.

Saat ini, melansir Bloomberg, kekayaan bersih Xiao’ou hanya Rp44,9 triliun, yang didasarkan pada kepemilikannya atas 6.906.1 juta saham kelas A di SenseTime. Penguncian sebagian saham kelas B SenseTime, termasuk yang dimiliki oleh investor utama, telah berakhir beberapa waktu lalu.

Namun saham A yang dimiliki oleh pendiri Tang Xiao’ou, merupakan direktur eksekutif dan pemegang saham terbesar perusahaan itu, masih dikenakan pembatasan penjualan. Manajemen SenseTime mengumumkan bahwa pihaknya akan secara sukarela memperpanjang penguncian saham kelas B yang dimiliki hingga 29 Desember mendatang.

Kepala Eksekutif SenseTime Xu Li, kepala ilmuwan Wang Xiaogang dan salah satu pendiri lainnya yakni Xu Bing juga membeberkan dalam pengajuan ke Bursa Efek Hong Kong, bahwa keputusan ini diambil ‘untuk mengekspresikan kepercayaan mereka pada nilai jangka panjang dan prospek perusahaan’.

Direktur bank investasi yang berbasis di Beijing, Chanson & Co menyebutkan bahwa saham SenseTime turun karena investor menilai kembali prospek laba perusahaan. ** Baca juga: Ini 5 Senjata Rahasia Agen Mata Mata Dunia yang Bentuknya Tak Terduga

“Valuasi pasar sebelumnya terlalu tinggi. R&D SenseTime diarahkan pada apa yang disebut teknologi inti. Tapi ada banyak ketidakpastian dan akan memakan waktu cukup lama untuk pengeluaran yang menghasilkan keuntungan sebenarnya,” kata Shen.(ilj/bbs)