oleh

APBD 2020 Defisit Rp 490 Miliar, Kabupaten Tangerang Siapkan Skema ini

Kabar6-Pemerintah Kabupaten Tangerang sudah menyiapkan skema untuk menutup defisit anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) tahun 2020 sebesar Rp 490 miliar.

Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Tangerang, Taufik Emil mengatakan untuk menutupi defisit APBD itu, Bupati Tangerang sudah mengintruksikan kesetiap organisasi perangkat daerah (OPD) sektor pendapatan lebih fokus meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD). “Agar defisit anggaran bisa aman tercover, Pemkab fokuskan peningkatan PAD di setiap OPD sektor pendapatan,” katanya, Rabu 4/12/2019.

Terpisah, Wakil DPRD Kabupten Tangerang, Astayudin mengatakan, target pendapatan Kabupaten Tangerang setiap tahun selalu meningkat. Untuk itu, pihaknya yakin Pemkab Tangerang bisa menutupi defisit anggaran tersebut. Namun demikian, Astayudin juga tetap berpesan agar eksekutif tetap menggali potensi pajak untuk menambah PAD. “Saya yakin devisit anggaran akan tertutup. Butinya, setiap tahun PAD kabupten Tangerang terus meningkat,” singkatnya.

**Baca juga: APBD 2020 Kabupaten Tangerang Defisit Rp 490 Miliar, Penyebabnya….

Senada disampaikan Astayudin, Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabuten Tangerang, Soma Atmaja membenarkan, PAD Kabupten Tangerang dari sektor pajak mengalami peningkatan. Misalnya, kata Soma, pada 2019 PAD sektor pajak ditarget sebesar Rp 1,5 triliun. Sementara hingga November lalu, Pendapatan pajak sudah mencapai sebesar Rp 1,923 triliun. Artinya, sudah melebih target. “PAD sektor pajak sudah melebih target. Sementara masih ada bulan Desember ini. Mudah-mudahan bisa bertambah lagi,” kata Soma. (Vee)

Berita Terbaru