oleh

Aparat Siaga, Ada Pentolan ISIS di Pamulang?

Kabar6-Aparat gabungan di wilayah hukum Kecamatan Pamulang, Kota Tangerang Selatan (Tangsel) tak ingin kecolongan oleh semakin berkembangnya kelompok Islamic State of Iraq and Syria (ISIS).

Langkah ini menyusul terdeteksinya keberadaan Bachrumsyah, seorang tokoh yang diketahui telah mendeklarasikan ISIS, yang ternyata bermukim di Pamulang.

“Masyarakat sudah resah. Dan, inilah peranan aparat keamanan,” terang Kapolsek Pamulang, Komisaris (Pol) Doddy Ferdinand Sanjaya usai apel gabungan, Kamis (14/8/2014).

Ia mengakui, bila tokoh jaringan ISIS yang muncul lewat youtube itu bermukim di Jalan Pondok Benda 12, Blok F16/17, Kecamatan Pamulang. Doddy tegaskan, hingga kini pihaknya terus melakukan pendalaman atas informasi yang telah beredar itu.

Apalagi menjelang peringatan HUT Kemerdekaan RI yang akan dihelat setiap tanggal 17 Agustus, biasanya rawan ditunggangi kelompok-kelompok sayap kiri.

Kapolsek mengakui, bila pihaknya mengalami kesulitan untuk menjerat kelompok tersebut ke ranah hukum, sebelum mereka melakukan tindak pidana.

Demi terus menciptakan rasa aman, Doddy bilang, dilakukan patroli bersama aparat Kodim 0506 Ciputat dan Satpol Pamong Praja di Kecamatan Pamulang.

“Tidak bisa diserahkan kepada satu aparat penegak hukum saja. Terlepas dari benar atau salah tindakan meraka maka itu harus, tugas kita untuk meluruskannya,” tegasnya.

Usai apel, aparat gabungan langsung melakukan patroli dan menyisir ke titik-titik lokasi pemukiman yang dianggap rawan terjadi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat.

Tugas masyarakat juga adalah memberitahukan kepada petugas bila melihat ada hal atau kegiatan yang ganjil. “Karena wilayah Pamulang sangat menjanjikan iuntuk mereka tinggal, karena wilayah yang luas dan aparat yang terbatas,” jelasnya.

Doddy juga memerintahkan seluruh jajarannya mengingatkan para pemuda atas gangguan ancaman wilayah dari kelompok paham yang tidak terdaftar dalam organisasi kemasyarakat.**Baca juga: Waspada ISIS, Polres Metropolitan Tangerang Sebar Intelijen.

“Kalau ada kelompok yang bergerombol silahkan diperiksa. Tetap lakukan langkah preventif menjaga pencegahan masalah kejahatan hingga terjadinya pelanggaran pidana,” pesannya.(yud)

Berita Terbaru