oleh

Apakah Tidur Bersama Kucing Pengaruhi Kesehatan Anda?

Kabar6-Sebagai salah satu hewan peliharaan, orang seringkali tidur bersama kucing kesayangan mereka. Apakah kebiasaan tidur bersama kucing dapat mempengaruhi kesehatan Anda?

Seorang dokter hewan dan konsultan dokter hewan yang terlatih untuk DogLab bernama drh Sara Ochoa, DVM, melansir Medcom, mengatakan bahwa itu semua benar-benar tergantung pada kepribadian hewan peliharaan Anda dan keseharian mereka. “Kebanyakan kucing adalah binatang yang sangat bersih dan selalu merawat diri mereka sendiri dan kadang-kadang bahkan pemiliknya,” jelas drh Ochoa.

Untuk alasan itu, Anda tidak perlu terlalu khawatir tentang masalah kutu atau kebersihan mereka. Namun sekalipun kucing Anda sudah bersih, hal itu tidak akan membantu jika Anda memiliki masalah alergi.

Dikatakan Dr Meng Chen, MD, asisten klinis professor Allergy and Immunology di Standford’s Sean N. Parker Center for Allergy and Asthma Research, jika alergi terhadap kucing, maka Anda harus ‘mengusir’ mereka dari kamar.

“Alergen kucing bisa sangat menempel dan dapat bertahan selama berbulan-bulan bahkan setelah dibersihkan atau bahkan jika kucing sudah dikeluarkan dari rumah,” ungkap Dr Chen. “Jika ini yang terjadi, bukan hanya kucing yang tidak dapat tidur di kamar Anda tetapi kucing juga tidak boleh ada di kamar Anda sama sekali.”

Salah satu aspek yang perlu diperhatikan sebelum membawa kucing tidur bersama Anda adalah, kebanyakan kucing merupakan hewan nocturnal, sehingga kemungkinan besar mereka dapat mengganggu tidur Anda dengan sering melewati atau menyentuh ketika Anda sedang tidur.

Hewan giat malam atau hewan nokturnal adalah hewan yang tidur pada siang hari, dan aktif pada malam hari. ** Baca juga: Berapa Lama Durasi Olahraga untuk Bantu Turunkan Berat Badan?

Namun Anda bisa mengajarkan atau melatih kucing sehingga tidur Anda pun tidak terganggu. Meskipun memang tidak mudah, dengan cara itu Anda bisa tidur bersama mereka tanpa khawatir merasa terganggu.(ilj/bbs)

Berita Terbaru