oleh

Apakah Konsumsi 2 Liter Air Putih Tiap Hari Cukup Untuk Kesehatan Tubuh?

Kabar6-Selain mengonsumsi makanan sehat seperti daging, telur, sayuran, dan buah-buahan, air putih diketahui dapat menjaga kesehatan dan mengontrol tubuh agar dapat berfungsi dengan baik.

Sebagian besar orang mungkin pernah mendengar bahwa kita harus mengonsumsi air putih sebanyak delapan gelas dalam sehari. Nyatanya, jumlah asupan air putih pada setiap orang berbeda-beda.

“Air putih yang diperlukan Anda setiap harinya tergantung pada beberapa faktor seperti berat badan, metabolisme tubuh, makanan yang masuk, suhu tubuh, dan seberapa aktif Anda di hari itu,” ungkap Baruch Fertel, dokter di Cleveland Clinic, Ohio, Amerika Serikat.

Baruch, melansir Dreamers, mengatakan bahwa aturan minum air delapan gelas per hari adalah awal mula yang baik. Namun, Anda juga perlu mengonsumsi lebih banyak cairan untuk menggantikan cairan yang telah hilang.

“Misalnya untuk menggantikan cairan yang hilang saat olahraga atau cuaca panas dan lembap. Anda juga mungkin membutuhkan lebih banyak lagi air putih ketika sakit dan demam,” urai Fertel.

Sementara itu, The Institute of Medicine of The National Academies, AS, menyarankan wanita untuk mengonsumsi rata-rata 2,7 liter air putih atau sekira 11 gelas per hari. Disebutkan, asupan air juga bisa didapat dari jus, susu, kopi, teh, soda, buah-buahan, sayuran, dan makanan atau minuman lainnya.

Namun Fertel menambahkan, tidak semua cairan sama manfaatnya, contoh alkohol. “Alkohol adalah diuretik, artinya alkohol dapat memiliki efek paradoks dan menyebabkan kehilangan air. Begitu juga dengan kopi,” kata Fertel. ** Baca juga: Perhatikan 5 ‘Jam Kritis’ di Mana Orang Makan Lebih Banyak dari Biasanya

“Kafein dapat menyesuaikan diri dengan diri, dan menghilangkan efek diuretik seperti pusing atau sakit kepala. Apabila konsumsi kafein konsisten dan tidak berlebihan. Di sisi lain, jika asupan kafein tidak menentu, Anda mungkin akan mengalami efek diuretic,” jelasnya.(ilj/bbs)

Berita Terbaru