oleh

Apakah Kita Harus Mandi Tiap Hari?

Kabar6-Tiap orang memiliki kebiasaan mandi yang berbeda, termasuk frekuensi mandi. Nah, para ahli kulit cenderung memiliki pendapat berbeda mengenai hal tersebut.

Menurut dokter kulit bersertifikat, Loretta Ciraldo, terkadang mandi harian sangat diperlukan, bahkan dua kali sehari untuk beberapa orang. Sementara, dokter kulit bersertifikat lainnya, Zenovia Gabriel, menyebutkan, mandi dengan membilas badan secara sederhana di bawah semprotan sudah cukup.

Lantas, seberapa sering sebenarnya kita harus mandi setiap harinya? Melansir Republika, berikut beberapa alasan yang bisa menentukan seberapa sering seseorang harus mandi setiap harinya:

1. Lingkungan
“Jika Anda tinggal di daerah air keras, di mana ada banyak kalsium dan mineral lain dalam air, Anda mungkin harus membatasi mandi,” kata Ciraldo. Hal ini karena air yang keras dapat menjadikan kulit sangat kering, dan seringkali membuat kulit yang kering dapat lebih buruk.

2. Tingkat aktivitas
Jika kita memiliki aktivitas gym atau olahraga, maka harus sering mandi. Kadar keringat menjadi hal yang perlu dipertimbangkan. “Anda bahkan mungkin ingin mandi pagi dan malam, jika Anda keluar rumah sepanjang hari,” ujar Ciraldo

Keringat tak terlalu membuat kita kotor, tapi pikirkan bagaimana bakteri akan berkembang. Orang yang berolahraga atau memiliki pekerjaan yang menantang secara fisik ke lingkungan yang kotor, mungkin sebaiknya harus mandi dua kali sehari.

3. Jenis kulit
Jenis kulit sulit menentukan seberapa sering seseorang harus mandi, karena ada faktor lain yang ikut berperan, yaitu suhu air, lama mandi, dan jenis sabun.

Jika seseorang memiliki kulit sangat kering, Gabriel mengatakan, maka boleh saja tidak menggunakan pembersih dan hanya membilasnya dengan air.

Jika ingin menggunakan sabun sebaiknya di tempat-tempat yang lebih hangat, seperti daerah ketiak dan selangkangan. Menggunakan sabun hanya dua hingga tiga kali seminggu di permukaan kulit dapat menghindari kering lebih lanjut serta peradangan. Jika memiliki kulit super kering atau rawan eksim, pastikan air tidak terlalu panas.

Air panas dapat mengeringkan kulit lebih. Kemudian, tepuk-tepuk kulit sampai kering dan oleskan krim oklusif untuk kelembapan, lakukan dengan baik. “Mandi air dingin setelah berolahraga atau setelah aktivitas lain di mana Anda mungkin berkeringat,” tambah Ciraldo. ** Baca juga: 6 Jenis Makanan yang Berikan Efek Negatif pada Otak

Jadi, berapa kali Anda mandi dalam sehari?(ilj/bbs)

Berita Terbaru