oleh

Apakah Jenggot dan Kumis Harus Dicuci Tiap Hari?

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Beberapa pria memelihara jenggot dan kumis untuk menunjang penampilan mereka. Ya, banyak pendapat yang mengatakan bahwa pria dengan jenggot dan kumis akan terlihat lebih jantan.

Pertanyaannya, apakah Anda harus mencuci jenggot dan kumis setiap hari? Bagaimana cara terbaik untuk merawatnya? Dikutip dari hellosehat.com, seberapa sering Anda mencucinya tergantung pada beberapa faktor, antara lain:

1. faktor lingkungan
Apabila sehari-hari Anda tidak beraktivitas di luar ruangan dan terkena paparan polusi, kuman, kotoran, dan debu, boleh mencuci jenggot dan kumis kira-kira dua sampai tiga kali seminggu.

Namun jika Anda bekerja di luar ruangan seperti di lokasi pembangunan, sebaiknya cuci jenggot dan kumis setiap hari, karena jenggot lebih rentan terpapar debu, kotoran, serta berbagai jenis kuman dan bakteri.

2. Aktivitas sehari-hari
Jika setiap hari Anda berkeringat karena aktivitas fisik yang cukup berat, misalnya melatih kebugaran, cucilah jenggot dan kumis setiap hari. Perokok berat juga disarankan untuk rutin mencuci jenggot serta kumis, kira-kira setiap dua hari sekali.

3. Jenis kulit wajah
Jika Anda memiliki kulit wajah yang berminyak, terutama pada bagian tumbuhnya jenggot an kumis, cucilah jenggot kira-kira setiap dua hari sekali, agar tidak terlalu banyak minyak yang menempel dan menyebabkan masalah kulit seperti jerawat. Bila kulit wajah Anda normal dan tidak terlalu berminyak, boleh mencuci jenggot dan kumis dua kali seminggu. ** Baca juga: Pahami Mitos & Fakta Tentang Kegemukan (Bagian 2)

Pelihara kebersihan jenggot dan kumis Anda agar senantiasa terlihat sehat.(ilj/bbs)

Berita Terbaru