oleh

Apa yang Terjadi Selama Jam Tidur Berlangsung?

Kabar6-Pukul berapa biasanya Anda mengistirahatkan tubuh dan pikiran? Sebagian orang tidur awal karena harus berangkat pagi keesokan harinya.

 

Namun sebagian lagi terbiasa tidur larut malam, karena harus menyelesaikan pekerjaan kantor yang menumpuk. Nah tahukah Anda apa yang terjadi selama kita tidur? Yuk simak uraian berikut:

 

1. Malam hari pukul 21.00 – 23.00

Merupakan saat pembuangan zat- zat tidak berguna/beracun (de-toxin), di bagian sistem antibodi (kelenjar getah bening). Selama durasi waktu ini seharusnya dilalui dengan suasana tenang atau mendengarkan musik.

 

2. Malam hari pukul 23.00 – 01.00

Merupakan proses de-toxin di bagian hati, harus berlangsung dalam kondisi tidur pulas.

 

3. Dini hari pukul 01.00 – 03.00

Proses de-toxin di bagian empedu, juga berlangsung dalam kondisi tidur.

 

4. Dini hari pukul 03.00 – 05.00

Merupakan proses de-toxin di bagian paru-paru. Sebab itu akan terjadi batuk yang hebat bagi penderita batuk selama durasi waktu ini. Karena proses pembersihan (de-toxin) telah mencapai saluran pernafasan, maka tak perlu minum obat batuk agar supaya tidak merintangi proses pembuangan kotoran.

 

5. Pagi pukul 05.00 – 07.00

Proses de-toxin di bagian usus besar, harus buang air di kamar kecil. ** Baca juga: Yuk, Makan Malam Lebih Awal

 

6. Pagi pukul 07.00 – 09.00

Merupakan waktu penyerapan gizi makanan bagi usus kecil, sehingga disarankan makan pagi. Bagi orang yang sakit sebaiknya makan lebih pagi yaitu sebelum pukul 06.30.

 

Makan pagi sebelum pukul 07.30 sangat baik bagi mereka yang ingin menjaga kesehatannya. Bagi mereka yang tidak makan pagi disarankan untuk mengubah kebiasaannya yang kurang ini. Lebih baik terlambat makan pagi hingga pukul 09.00-10.00 daripada tidak sarapan sama sekali.

 

Tidur terlalu malam dan bangun terlalu siang akan mengacaukan proses pembuangan zat-zat tidak berguna. Selain itu, dari tengah malam hingga pukul empat dini hari adalah waktu bagi sumsum tulang belakang untuk memproduksi darah.(ilj)

Berita Terbaru