oleh

Apa yang Terjadi Saat Tubuh Alami Overdosis Vitamin D?

Kabar6-Vitamin D adalah nutrisi yang bermanfaat untuk pembentukan tulang. Vitamin D juga diperlukan tubuh untuk menjaga kesehatan jantung, otak, dan otot. Vitamin D terbentuk secara alami ketika kulit terkena sinar matahari langsung.

Meskipun demikian, berlebihan atau overdosis mengonsumsi vitamin D tidak disarankan karena justru membahayakan kesehatan Anda. Vitamin D, melansir Healthline, diketahui memainkan beberapa peran dalam menjaga sel-sel tubuh agar tetap sehat dan berfungsi dengan baik.

Sayangnya, karena ingin mencukupi semua nutrisi tersebut, banyak orang yang justru berlebihan mengonsumsinya, sehingga vitamin ini menumpuk dan mencapai tingkat racun dalam tubuh Anda.

Berlebihan mengonsumsi vitamin D salah satunya dapat mengakibatkan peningkatan kadar darah. Selain itu, kadar kalsium darah juga ikut meningkat. Hal ini karena vitamin D membantu tubuh menyerap kalsium dari makanan yang Anda konsumsi.

Nah, ketika berlebihan mengonsumsi vitamin D, kalsium darah akan mencapai level yang dapat menyebabkan gejala membahayakan bagi kesehatan seperti hiperkalsemia atau kadar kalsium darah tinggi.

Hal lain, berlebihan mengonsumsi vitamin D juga membuat Anda mual, muntah, dan nafsu makan memburuk. Ada juga yang terserang sakit perut, sembelit, atau diare ketika kadar vitamin D berlebihan di tubuh. ** Baca juga: Ini Mitos Seputar Protein

Jadi, perhatikan porsi mengonsumsi vitamin D, jangan oevrdosis karena justru tidak baik untuk kesehatan Anda.(ilj/bbs)

Berita Terbaru